Ducati pakai teknologi "anti-tabrak"

Ducati pakai teknologi anti-tabrak

Jakarta (Otolovers) - Ducati melengkapi beberapa model terbarunya dengan teknologi "anti-tabrak" yaitu stability control system buatan Bosch. 

Ducati Multistrada dan 1299 Panigale keluaran terbaru telah dilengkapi teknologi tersebut.

Stability control system pada Ducati adalah komputer Inertial Measurement Unit (IMU)  yang dilengkapi sensor-sensor dan terus menerus memantau limit traksi .

Sistem tersebut mengumpulkan data ketika motor digas, direm, dan segala gerakannya termasuk kecepatan. Sistem kemudian memproses semua data itu ratusan kali dalam satu detik.

Tidak itu saja, sistem juga mengatur besaran tenaga mesin yang tepat maupun tingkat pengereman sehingga motor tidak selip. Sistem juga mendistribusikan kekuatan rem dengan tepat kepada masing-masing roda.

Jika terjadi situasi panik saat pengendara mengerem sangat kuat hingga roda-roda kehilangan traksi, sistem segera membetulkan tingkat pengereman, berikut menurunkan gas, agar ban tetap mendapatkan cengkraman dan motor dapat menikung.

Pada saat yang sama, sistem mengatur kerja mesin sehingga percepatan dan pelambatan berlangsung mulus.

Ducati mengklaim dengan sistem itu, moge yang sedang menikung dalam kecepatan lebih dari 60 km/jam dan miring 35 derajat kemudian mendadak direm sekuatnya pada roda depan, masih bisa dikendalikan oleh pengendaranya.

Kehandalan sistem itu juga terbukti di sirkuit uji coba dengan kondisi licin disiram hujan buatan, berdebu, berpasir, maupun jalan bebatuan.

Terdapat satu akselerometer dengan lima as yang memonitor sudut kemiringan dan gaya berkendara. 

Stability control system pada Ducati dipadukan dengan antilock braking system generasi ke-9, juga dari Bosch.



COPYRIGHT © Otolovers.com 2015

Komentar