Astha Butail, pemenang BMW Art Journey

Astha Butail, pemenang BMW Art Journey

Astha Butail, artis India pemenang BMW Art Journey

Munich (Otolovers) - Artis India Astha Butail bakal menempuh perjalanan jauh setelah proposalnya berjudul “In the Absense of Writing” dinobatkan sebagai pemenang BMW Art Journey tahun ini.

Juri internasional memilihnya dengan suara bulat dari daftar pendek tiga seniman yang karyanya dipamerkan di sektor Discoveries di acara Art Basel di Hong Kong beberapa waktu lalu.

Proyeknya “In the Absense of Writing” mengulas tentang memori dan tradisi hidup yang diturunkan melalui pengajaran lisan dan puisi.

Penelitian Butail tentang sistem budaya dimulai pada tahun 2009, ketika dia mulai belajar bahasa Sanskerta dan menghafal kumpulan lagu-lagu pujian.

Untuk BMW Art Journey, Butail berencana untuk menyelidiki Avyon Zoroaster, tradisi Oral Torah dan India Veda dengan mengamati dan merekam teknik ingatan mereka yang berbeda dan mewawancarai para ilmuwan dan praktisi dari setiap tradisi.

Ia akan memulai perjalanan proyeknya dengan mengunjungi Yazd (Iran), baru kemudian ke Yerusalem (Israel), London (Inggris), Varanasi, Pune, New Delhi dan Mumbai (India).

Art Basel dan BMW akan berkolaborasi dengan artis ini untuk mendokumentasikan perjalanan dan membaginya dengan publik yang lebih luas melalui publikasi cetak, media online dan sosial.

Juri memilih pemenang setelah serangkaian pertimbangan intensif dan mencatat kekuatan dan keaslian setiap proposal. Setelah seleksi, para juri bersatu dalam mendukung proposal yang menang.

Mereka memuji konsep perjalanan Butail untuk kedalaman penelitian dan pendekatan multidimensionalnya. "Kami dikejutkan oleh kepekaan dan jangkauannya, dan bagaimana hal itu memperluas praktik seniman untuk menyelidiki sejarah dan identitasnya sendiri,” kata juri dalam sebuah pernyataan bersama.

"Perjalanan membawa bersama etnografi, spiritualitas, dan sosiologi. Kami terutama diambil oleh minat Astha Butail untuk melacak tradisi lisan yang terancam punah, yang akan dia dokumentasikan dengan alat-alat seni dan interaksi dengan ilmuwan dan pemimpin spiritual.

Di era digital, ketika pengetahuan terfragmentasi, artinya cepat berlalu drastis, dan kontak tatap muka berlalu singkat, proyek ini menghubungkan kita kembali ke dunia yang lebih lambat, di mana gagasan dibagikan melalui interaksi pribadi yang dalam dan berkelanjutan.”

Diluncurkan pada tahun 2015, BMW Art Journey merupakan kolaborasi antara Art Basel dan BMW, diciptakan untuk mengenali dan mendukung seniman baru di seluruh dunia.

Penghargaan ini terbuka untuk para seniman yang memamerkan di sektor Discoveries and Positions di pameran Hong Kong dan Miami Beach di Art Basel.

Putaran berikutnya dari BMW Art Journey akan berlangsung selama edisi 2017 di Art Basel di Miami Beach dimana pada 7 Desember 2017, tiga seniman terpilih dari sektor Positions akan diumumkan.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2017

Komentar