Kenapa Audi RS 5 Coupe 2018 powerfull meski mesin lebih kecil?

Kenapa Audi RS 5 Coupe 2018 powerfull meski mesin lebih kecil?

Jakarta (Otolovers) - Ada update menarik bagi penggemar mobil sport Audi, karena generasi baru RS 5 Coupe telah dirilis dengan banyak perubahan, tidak hanya tampilan tapi juga piranti jeroannya, terutama mesin.

Audi telah menempatkan mesin baru pada Audi RS 5 Coupe 2018, sebuah mesin biturbo 2.9 liter V6 TFSI, bukan 4.2 liter V8 seperti pendahulunya, dan dipadu bersama transmisi otomatis Triptonic 8-percepatan yang lebih efisien dan bahkan lebih powerfull.

Mengusung pengembangan dan teknologi motorsport berdasarkan moto Audi Sport “Lahir di Lintasan” (Born on the Track), Audi RS 5 Coupe baru siap mengaspal di jalan raya, dengan performa mumpuni didukung banyak fitur canggih.

Audi menyertakan sistem diver assistance yang sudah ditingkatkan, virtual cokpit, juga termasuk Audi pre sense sebagai standar, kemudian adaptive cruise control dengan Traffic Jam assist.
Kenapa Audi RS 5 Coupe 2018 powerfull meski mesin lebih kecil?


Mesin 2.9 liter V6 TFSI yang dibawa Audi RS 5 Coupe baru ini mampu menghasilkan power maksimum 444 tenaga kuda serta 443 lb.ft. torsi dalam rentang 1.900-5.000rpm.

Alhasil, RS 5 Coupe 2018 ini mampu sprint dari 0-100 km per jam dalam waktu hanya 3,7 detik, 8/10 detik lebih cepat dibanding model sama generasi sebelumnya, serta kecepatan puncak 155 mil per jam, atau hingga 174 mil per jam dengan paket Dynamic plus sebagai opsi.

Kekuatan mesin biturbo mengalir melalui transmisi Triptonic 8-percepatan dengan self-locking center diferential yang fokus pada performa dan akselerasi tingkat tinggi. Sistem kontrol traksinya mengelola distribusi akselerasi maksimum dengan minimal slip.

Sistem quattro all-wheel drive yang menjadi standarnya, menawarkan presisi tinggi handling melalui distribusi traksi aktif untuk kedua axle-nya. Dalam situasi berkendara reguler, sistem akan menyediakan 60 persen torsi ke axle belakang dan 40 persen ke axle depan.
Kenapa Audi RS 5 Coupe 2018 powerfull meski mesin lebih kecil?


Namun, ketika dibutuhkan, power dapat diatur pada masing-masing axle, dengan hingga 85 persen ke axle depan dan 70 persen ke axle belakang.

Lalu, apa yang membuat RS 5 Coupe baru ini tetap powerfull meskipun dibekali mesin lebih kecil? Yang tentunya juga lebih efisien alis irit dibanding pendahulunya?

Selain meningkatkan teknologi mesinnya yang terispirasi dari mesin V8 pendahulunya, Audi ternyata juga telah mengurangi bobot mobil ini sekitar 30 kg lebih ringan (60 pounds) dibanding model sebelumnya.

Untuk membantu meningkatkan efisiensi dan kekuatan mesin, mesin V6 menggunakan injektor bahan bakar terpusat dan metode pembakaran dengan kompresi lebih pendek dan fase ekspansi yang lebih panjang.
Kenapa Audi RS 5 Coupe 2018 powerfull meski mesin lebih kecil?


Hal ini memungkinkan untuk rasio kompresi yang lebih tinggi dari 10,0:1, selanjutnya meningkatkan efisiensi mesin dan memungkinkan daya yang lebih besar dan pengiriman torsi.

Teknologi quatro sport rear diferensial yang menjadi standar dengan tuning RS-spesifik menawarkan pengalaman berkendara yang dinamis dengan memantulkan torsi aktif di antara roda axle belakang, dengan kemampuan mengarahkan hampir semua torsi belakang yang tersedia ke satu roda.

Dengan standar suspensi RS sport, RS 5 Coupe baru memiliki kursi 7mm lebih rendah dibanding S5 Coupe. Ini juga bagian upaya meningkatkan performa dan kenyamanan.

Pada sisi eksterior, desain RS 5 Coupe baru menarik inspirasi dari detail balap khas Audi 90 quattro IMSA GTO. Garis bahu desain gelombang menggarisbawahi keatletisan coupe dan spatbor kotak yang menyala memberikan isyarat pada all-wheel drive standar quattro®, selain melebarkan body 15mm di setiap sisinya.
Kenapa Audi RS 5 Coupe 2018 powerfull meski mesin lebih kecil?


Di bagian depan, kisi-kisi Singleframe® dengan skrip quattro lebih lebar dan datar daripada Coupe A5 dan intake udara yang lebih besar di bumper bawah melayani kebutuhan mesin untuk pendinginan. Aksen sporty tambahan di bagian belakang termasuk diffuser RS-spesifik, pipa knalpot "RS" oval besar, dan spoiler belakang.

Serupa dengan Coupe S5, RS 5 dilengkapi dengan desain khas Audi dengan interior berorientasi pengemudi dengan kontrol dan fungsi yang mudah dioperasikan. Dari kursi sport S dengan RS embossing, flat-bottomed, roda kemudi sport RS dan pedal stainless steel, RS 5 Coupe adalah mobil sport dengan tingkat kepraktisan sehari-hari yang tinggi.

RS 5 yang baru, sambil menawarkan kinerja yang luar biasa, juga mengintegrasikan teknologi terbaru, termasuk antarmuka smartphone Audi, yang menyediakan integrasi Apple CarPlay ™ dan Google ™ Android Auto untuk perangkat mobile yang kompatibel, kokpit Audi dan layar full head-up yang lengkap.

Jok kulit Fine Napa dengan jahitan kontras sarang lebah dan embossing RS menjadi ciri khas, selain penggarapan aspek lain interior yang bersemangat kemewahan.


Paket Audi connect® menggabungkan semua aplikasi yang membantu menghubungkan kendaraan dengan internet, pemilik dan infrastruktur sekitarnya, meski ini membutuhkan berlangganan aktif).

Fungsi yang disempurnakan mencakup informasi lalu lintas online, update cuaca, harga bahan bakar, integrasi Apple Siri® Eyes Free untuk perangkat yang kompatibel, streaming radio internet serta navigasi gambar, berita utama yang mudah dibaca dan lansiran Twitter®, di antara fitur lainnya.

Audi RS 5 2018 sudah tersedia dan dipasarkan di AS mulai Maret ini dengan harga 69.900 dolar atau setara sekitar Rp962 juta lebih, dengan asumsi kurs Rp13.769 per dolarnya.

Sumber: Audi


COPYRIGHT © Otolovers.com 2018

Gallery Terkait

Komentar