Suzuki Baleno hatchback, ayo intip dalemannya

Suzuki Baleno hatchback, ayo intip dalemannya

Jakarta (Otolovers) - Suzuki kabarnya diam-diam telah menghadirkan Baleno hatchback ke Indonesia, bahkan sudah menggelar test drive untuk kalangan media, dan mobil yang bermetamorvosis dari model sedan ini kayaknya bakal diluncurkan di GIIAS 2017 bulan ini.

Kini, Otolovers sengaja menunjukkan kepada Anda bagaimana rupa Baleno hatchback, desain, mesin, dan juga fitur-fiturnya, meskipun masih belum jelas apakah model untuk Indonesia bakal serupa dengan yang di luar sana.

Melihat sekilas, Baleno hatchback seperti bukan mobil Suzuki karena desainnya benar-benar tidak seperti kebanyakan kendaraan brand berlogo “S” ini. Hanya bentuk kaca depannya saja yang masih membawa “nyawa” Suzuki, agak datar.

Ini pun diakui oleh Suzuki yang menyebut bahwa mereka menggabungkan desain baru ke dalam gaya kendaraan tanpa kehilangan individualistasnya.

Baleno hatchback menggabungkan bentuk rendah dan lebar untuk memaksimalkan stabilitasnya, dengan bodi dibentuk oleh kurva yang mengalir dinamis. Dan rupayanya, upaya Suzuki berhasil, menjadikan Baleno yang ini berdesain menarik.

Meskipun fokus pada gaya, Suzuki mengklaim bahwa mobil ini tetap punya ruang kabin yang lapang. Penumpang semua dewasa tetap akan nyaman berada di dalamnya, walaupun bagasinya tidak besar.

Beleno hatchback punya dimensi, panjang 3,995 meter, lebar 1,745 meter, dan tinggi 1,460 meter, radius putar sekitar 5 meter, ground clearance 120mm, dan velg (alloy wheel) 14 inci.

Dengan konsep desain rendah dan lebar, Baleno memiliki ruang interior yang ekspansif. Desain panel pusat instrumennya memang tidak lux, tapi kontrol audionya mudah dioperasikan serta kontrol A/C otomatis yang menontol di kokpit.
Suzuki Baleno hatchback, ayo intip dalemannya


Pada bagian itu, Suzuki sudah menambahkan fitur Apple CarPlay dan MirrorLink, sehingga Anda bisa menghubungkannya dengan perangkat Apple, termasuk iPhone.

Bisa melakukan panggilan telepon, mengakses musik,  mengirim dan menerima pesan, mendapatkan petunjuk arah dengan perintah suara atau ketuk pada layar.

Ditambah kemampuan MirrorLink yang memungkinkan berbagai aplikasi muncul di layar kendaraan, memungkinkan akses ke fitur smartphone Anda.

Kinerja

Untuk kinerja, Suzuki telah menggabungkan powertrain baru dan platform generasi baru yang lebih ringan. Suzuki menawarkan dua varian mesin untuk Baleno hatchback, plus sistem hybrid sebagai kombinasinya.

Mesin ramping, turbo direct injection 1,0 BOOSTERJET diklaim menyuguhkan output daya dan torsi yang lebih tinggi, sebanding dengan mesin yang lebih besar, sementara konsumsi bahan bakar lebih efisien.

Pilihan lainnya adalah mesin 1.2 DUALJET baru, yang menggabungkan sistem injeksi ganda unik untuk meningkatkan efisiensi pembakaran bahan bakar dan mencapai daya tahan yang kuat, bahkan dengan aspirasi alami.

Keduanya dikombinasikan dengan sistem hybrid ringan SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki), yang sudah disematkan pabrikan ini pada MPV Ertiga.
Suzuki Baleno hatchback, ayo intip dalemannya


SHVS akan membantu kerja mesin menggunakan ISG (Integrated Starter Generator) yang memiliki fungsi motor listrik dan baterai lithium-ion yang diklaim berefisiensi tinggi dengan performa pengisian daya dan catu daya yang luar biasa.

Ini adalah sistem hibrida yang optimal untuk mobil kompak, dirancang untuk menawarkan tidak hanya efisiensi bahan bakar namun juga efisiensi ruang dan keseimbangan keseluruhan, kata Suzuki.

Kunci penghematan bahan bakar di mobil ini adalah sistem SHVS dan ISG-nya, dimana mesin akan berhenti otomatis ketika berhenti sejenak—di traffic light misalnya—, dan komponen listrik tetap menyala berkat baterai.

Lalu, ISG berfungsi sebagai starter motor “senyap” yang akan dengan mulus menghidupkan mesin kembali ketika kendaraan berakselerasi.

ISG menggunakan energi deselerasi untuk menghasilkan listrik dan mengisi secara efisien baterainya.

Fitur keselamatan

Suzuki telah menempatkan fitur keamanan Radar Brake Support, yang akan mengingatkan pengemudi ketika berpotensi menabrak mobil di depannya. Pada jarak tertentu lampu rem akan menyala sebagai pengingat bagi pengemudi.

Ketika mobil di depannya tiba-tiba berhenti, sistem akan secara otomatis meningkatkan daya rem kendaraan selain tenaga dari kaki pengemudi di pedal rem.
Suzuki Baleno hatchback, ayo intip dalemannya


Pada kondisi tertentu, sistem ini bahkan akan melakukan pengereman secara otomatis dalam jarak satu detik sebelum terjadi tabrakan dengan mobil di depannya.

Fitur keamanan lainnya, disebut Adaptive Cruise Control, yang memungkinkan Anda mengatur kecepatan konstan kendaraan, selain juga bisa tetap menjaga jarak secara otomatis dengan kendaraan di depannya.

Belum diketahui berapa harga Baleno hatchback ini di Indonesia, tapi dari desainnya ini lumayan “masuk” untuk segmen anak-anak muda, yang ingin tampil gaya tapi tetap hemat kocek.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2017

Gallery Terkait

Komentar