Lexus ES baru, mengubah citra bukan saja nyaman, tapi juga kinerja tinggi

Lexus ES baru, mengubah citra bukan saja nyaman, tapi juga kinerja tinggi

Lexus ES 300h

Beijing (Otolovers) - Melanjutkan sukses generasi keenam, sedan menengah Lexus ES baru generasi tujuh sudah hadir, diluncukan di ajang Auto China 2018 baru-baru ini, dan mungkin akan jauh lebih disukai karena desainnya begitu dinamis, sporty, dan juga lebih bertenaga.

Dengan Lexus ES baru ini tampaknya brand akan menggaet pelanggan baru, yang tentunya lebih muda usia, dibanding target generasi sebelumnya, karena selain menawarkan desain yang eksterior yang kian keren, mobil ini dibekali kinerja yang lebih kuat.

Dibangun pada platform Global Architecture ― K (GA-K) yang serba baru, ES baru mendorong batas desain di kelas sedan menengah. ES ini hadir lebih panjang (+2,6 in), lebih rendah (-0.2 in) dan lebih lebar (+1,8 in.) dari model sebelumnya.
Lexus ES baru, mengubah citra bukan saja nyaman, tapi juga kinerja tinggi


Tidak hanya itu, Lexus juga memperpanjang wheelbase dua inci dengan menggeser roda lebih ke sudut, dan trek depan lebih panjang 0,4 inci, sedangkan di belakang ditambah 1,5 inci.

Sikap dan proporsi yang mencerminkan kemampuan kinerja baru dan memberi ES jenis penampilan yang menarik perhatian.

Kepala Desainer Proyek, Yasuo Kajino, menggambarkan tampilan ES sebagai "keanggunan provokatif". "ES selalu menjadi sedan mewah elegan. Untuk generasi ini, kami telah menambahkan elemen desain berani yang menantang harapan tradisional pembeli."

Untuk menciptakan bentuk dinamis namun cair, tim Kaijino menggunakan kap rendah yang membuat platform ES baru menghasilkan siluet khas yang ditekankan oleh kemiringan ke bawah yang agresif.

Di depan, wajah ES sangat berbeda tergantung modelnya. ES 350 standar dan ES 300h menggunakan bar vertikal elegan yang memancar keluar dari tengah, sedangkan model ES 350 F SPORT mengadopsi pola hatchback.
Lexus ES baru, mengubah citra bukan saja nyaman, tapi juga kinerja tinggi


Desain ES generasi ketujuh menggunakan garis atap yang cepat yang menekankan posisi yang lebih rendah dan aerodinamis. Bagian belakang bersih dan tajam dipahat, dengan taillamps LED yang membungkus panel seperempat untuk memberikan garis styling yang berkelanjutan dari berbagai sudut.

Model F SPORT dilengkapi spoiler belakang, tambahan buritan belakang dan pelindung bawah yang lebih gelap untuk lebih menyempurnakan tampilan. Ada tiga desain roda yang berbeda (17 dan 18 inci) untuk ES 350 dan ES 300h, sedangkan ES 350 F SPORT berstandar 19 inci dengan desain mirip coupe LC.

Selusin warna membentuk palet cat eksterior termasuk dua nuansa baru, satu hijau dan satu warna krem, yang khas. Moonbeam Beige Metallic dirancang untuk meniru cahaya yang memantulkan salju segar, sementara Sunlight Green mereplikasi warna air laut yang diterangi oleh matahari.

Model F SPORT mendapatkan warna Heat Blue eksklusif yang melengkapi desain energinya yang tinggi.

Interior luas

Saat mendesain tampilan dan nuansa interior ES, tim Kajino memulai dengan konsep Interior Masa Depan Lexus yang memadukan kokpit pengemudi-sentris dengan area yang luas dan nyaman untuk penumpang depan.

Di ES, menambah fokus pengemudi ke jalan, display dan panel instrumen ditempatkan dalam bidang pandang pengemudi, demikian juga dengan sudut dan posisi pengemudi, dan pedal rem telah diatur ulang untuk meningkatkan kenyamanan.
Lexus ES baru, mengubah citra bukan saja nyaman, tapi juga kinerja tinggi


Penumpang depan, di sisi lain, mendapatkan lingkungan yang lebih terbuka dan luas yang mendorong relaksasi.

Kenyamanan kursi penumpang belakang telah lama menjadi ciri khas ES dan model generasi ketujuh masih memprioritaskan kemampuan paket belakang meskipun garis atap eksterior lebih ramping.

Titik pinggul yang lebih rendah dan headliner yang dikonfigurasikan dengan hati-hati melestarikan headroom yang luas, sementara wheelbase yang lebih panjang memberikan ruang kaki yang tidak seperti biasanya.
Lexus ES baru, mengubah citra bukan saja nyaman, tapi juga kinerja tinggi


Selain berbagai warna cat eye-catching yang tersedia di ES, ada kombinasi warna interior baru yang mencerminkan tema "provokatif elegan". Bersama dengan Black, Chateau dan Topaz Brown, ES akan menawarkan interior Rich Cream baru yang memadukan pelapis krem ​​dengan headliner berwarna coklat untuk memberikan kabin modern, namun terlihat dan terasa hangat.

Untuk menciptakan tampilan yang sama sekali berbeda untuk bagian dalam model F-SPORT yang baru, jenis trim kabin metalik dikembangkan tidak seperti Lexus sebelumnya. Terinspirasi oleh pembuatan pedang tradisional Jepang, Hadori, fitur pola gelombang berfluktuasi memberikan penampilan tiga dimensi yang bervariasi tergantung pada sudut pandang.
Lexus ES baru, mengubah citra bukan saja nyaman, tapi juga kinerja tinggi


Efeknya halus namun mengindikasikan tingkat detail dan keahlian yang diberikan tim Kajino untuk memberikan F-SPORT tempat yang unik dalam lineup. Standar ES 350 dan ES 300h akan terus menawarkan bahan-bahan tradisional seperti Bambu dan kayu Shimamoku sebagai tampilan hasil kerajinan tangan yang mewah.

Kinerja baru

Tim teknik yang dipimpin oleh Yasuhiro Sakakibara memiliki satu tujuan yang jelas ketika sampai ke ES: Mengubah citra ES. Itu berarti mengubah sedan yang dikenal terutama untuk kenyamanan dan ketenangan, menjadi lebih lengkap dengan kemampuan handling dan kinerja yang terkemuka.

Menurut Yasuhiro Sakakibara, Chief Engineer, ES ini dibangun untuk memberikan tingkat kinerja yang secara fundamental lebih tinggi daripada pendahulunya. "Kami tahu bahwa ES ini harus responsif dan mudah dikendarai, tidak peduli apa pun jalannya dan itu hanya dapat dicapai dengan landasan yang kuat."

Titik awal adalah sasis Arsitektur-K yang baru dikembangkan. Ini adalah chassis hard disk front-wheel yang sangat kuat, menyaingi platform rear-wheel drive Global Architecture-L yang digunakan untuk sedan coupe LC dan LS dalam hal kekuatan  torsional.

Berbagai kelas baja high-tensile mengurangi berat dibandingkan dengan platform sebelumnya, sementara peningkatan tambahan seperti desain suspensi wishbone ganda yang baru, power steering yang dipasang di rak dan V-brace yang dipasang di belakang kursi belakang memberikan fleksibilitas kepada teknisi untuk menyetel ES dengan tingkat ketepatan yang baru ditemukan.

Memberikan dasar yang baik untuk memperluas dan meningkatkan ke platform yang memungkinkan kita untuk menyadari proporsi rendah dan lebar, sehingga pusat gravitasi lebih rendah dan lebih baik dari yang pernah dipunyai Lexus.
Lexus ES baru, mengubah citra bukan saja nyaman, tapi juga kinerja tinggi


Untuk tim teknik sasis ES, tujuannya jelas: Untuk menciptakan rasa prediktabilitas yang menghibur ditambah dengan perasaan respons cepat terhadap setiap gerakan.

Yoshiaki Ito, kepala pengemudi tes ES menggambarkan tingkat tinggi ES dan definisi kenyamanan yang disempurnakan dengan mengatakan: "Kami ingin setiap jenis pengemudi merasakan kendali penuh ketika mereka berada di belakang kemudi ES. Ini adalah tingkat kenyamanan yang melampaui sekedar memberikan perjalanan yang mulus."

Untuk tingkat performa dinamis yang lebih tinggi, model F SPORT akan menawarkan Adaptive Variable Suspension (AVS) serupa dengan yang ditemukan pada coupe LC. Ini menambahkan peredam yang dapat diatur di setiap sudut yang menampilkan 650 tingkat kekuatan redaman untuk kendali tertinggi atas permukaan jalan apa pun.

Penggunaan solenoida linier menghasilkan kontrol redaman yang lebih tepat. FORT lain yang eksklusif adalah mode Sport + untuk sistem Pemilihan Mode Drive yang menentukan pengaturan engine, transmisi, dan suspensi yang paling agresif untuk kinerja maksimum.

Fitur Engine Sound Enhancement yang baru juga diaktifkan dalam mode Sport + yang menambahkan lapisan tambahan kebisingan mesin yang meningkatkan ritme alami dari berkendara yang bersemangat.

Mesin dan transmisi baru

Semua ES 350 didukung dengan mesin V6 3,5 liter yang dirancang untuk menghasilkan percepatan yang berurutan bersama dengan suara yang menyegarkan. Dengan pemutakhiran untuk injeksi bahan bakar D4-S, mesin yang sangat halus ini sekarang menghasilkan 300 tenaga kuda dan torsi 262 pound-feet.

Kedua angka tersebut naik secara signifikan (+32 hp, +14 lb-ft) dibandingkan dengan V6 generasi sebelumnya.

Selain dorongan daya, ES 350 juga mendapat manfaat dari transmisi otomatis Direct Shift 8-percepatan baru. Ini menggunakan konverter torsi ultra-tipis dan kopling pengunci multi-pelat untuk mentransfer kekuatan yang lebih efisien ke roda depan, dan telah disetel untuk menghasilkan perputaran tajam, tepat waktunya dengan respons pedal cepat.
Lexus ES baru, mengubah citra bukan saja nyaman, tapi juga kinerja tinggi


Dengan penyebaran rasio yang lebih luas, delapan kecepatan baru ini dapat menggunakan roda gigi torsi tinggi pada rpm rendah untuk start cepat dan gigi tinggi di ujung atas untuk efisiensi optimal.

Di pasar global tertentu, ES akan ditawarkan sebagai ES 250, yang didukung oleh mesin 2,5 L 4 silinder efisiensi tinggi yang serba baru. Mesin aluminium-intensif ini memiliki desain long-stroke, kursi katup asupan yang dilengkapi laser dan Variable Valve Timing yang canggih dengan kecerdasan (VVTi) untuk mencapai proses pembakaran berkecepatan tinggi yang baru, dan mencapai efisiensi termal keseluruhan sebesar 38%.

Penggerak hybrid generasi empat

Tidak mau kalah dengan saudara kandungnya bermesin bensin, varian ES 300h mampu memberikan efisiensi bahan bakar yang luar biasa, kinerja responsif dan emisi minimal untuk sedan mewah menengah.

Sistem Penggerak Hybrid generasi keempat membalikkan citra tradisional hibrida dengan kinerja daya yang sangat baik, ekonomi bahan bakar tingkat tinggi, dan tidak lemot. Sistem hibrida baru ini berpadu dengan mesin gas ultra-efisien, Atkinson cycle 2,5 liter, empat silinder dengan motor listrik padat yang lebih ringan, lebih kompak, lebih kuat dan sistem hibrida self-charging.

Bersama-sama mereka memberikan total tenaga kuda sistem gabungan 205 dan lebih dari 40 mpg konsumsi bahan bakar secara kombinasi, kota dan luar kota (jalan tol).

Mesin baru empat silinder 2.5 liter menggabungkan teknologi pembakaran cepat yang menjadikannya salah satu mesin paling efisien termal dalam kendaraan versi produksi massal.
Lexus ES baru, mengubah citra bukan saja nyaman, tapi juga kinerja tinggi


Hasilnya adalah lebih banyak tenaga tanpa meningkatkan emisi atau konsumsi bahan bakar. Berbagai metode digunakan untuk mencapai hasil yang mengesankan termasuk port direct injection, sudut katup dan dudukan katup yang diperbarui.

Pompa bahan bakar kapasitas variabel, injektor multi-lubang, VVTi-E pada katup intake dan sistem pendingin variabel juga berkontribusi pada panas dan manajemen pembakaran mesin yang mengesankan.

Secara keseluruhan drivability dari ES 300h telah ditingkatkan berkat komputer kontrol sistem hibrida yang lebih canggih yang lebih mampu meniru nuansa dan power delivery dari mesin gas standar.

Bahkan baterai nikel-hidrogen lebih kecil dari sebelumnya yang memungkinkannya dipasang di bawah kursi belakang sehingga tidak menyita ruang bagasi.

Fitur keamanan

Salah satu elemen dari ES yang belum diubah secara radikal adalah dedikasinya terhadap keselamatan. Semua versi dari generasi ketujuh ES menampilkan Sistem Keamanan Lexus baru + 2.0 sebagai perlengkapan standar.

Sudah menjadi salah satu sistem paling canggih dari jenisnya, LSS + 2.0 menambahkan kemampuan baru yang memperluas skenario di mana ia mampu memberikan keamanan tambahan kepada pengemudi dan penumpang.

Salah satu fitur tersebut adalah pendeteksi pengendara sepeda (bicyclist) siang hari yang merupakan bagian dari Pre-Collision System (PCS) yang komprehensif. Sudah mampu mendeteksi kendaraan yang akan datang dan pejalan kaki, kemampuan Sistem Pre-Collision untuk mendeteksi pengendara sepeda mengatasi salah satu skenario kecelakaan yang paling umum di jalan saat ini.

PCS juga telah ditingkatkan untuk mendeteksi pejalan kaki pada malam hari dengan meningkatkan sensitivitas radar dan jangkauan dinamis.



Kemajuan keselamatan baru lainnya yang ditawarkan pada ES adalah sistem high beam adaptif dua tahap (AHS). Sistem ini tidak hanya menyalakan dan mematikan secara otomatis, 24 lampu LED individualnya mampu menyesuaikan pola cahaya untuk memberikan penerangan yang disempurnakan sembari mengurangi silau.

Yang jelas, ES baru hadir dengan gaya lebih berani, kinerja yang lebih dinamis, bahan kabin yang unik, dan teknologi keamanan terbaru menambahkan bab untuk kisah ES yang akan menyusun kembali citra tradisional ES menjadi sesuatu yang baru dan tidak terduga.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2018

Komentar