China izinkan mobil otonom Baidu dites di jalan raya

China izinkan mobil otonom Baidu dites di jalan raya

Mobil otonom Baidu. (Screenshot video YouTube)

Beijing (Otolovers) - China dan Amerika Serikat sedang dalam perlombaan pengembangan mobil otonom. Beijing untuk pertama kalinya memberikan izin kepada Baidu mengujicoba mobil swakemudinya di jalan raja terbuka, beberapa hari setelah kendaraan swakem

udi Uber menewaskan seorang pejalan kaki di AS.Pemerintah Beijing memberikan izin yang sudah lama ditunggu-tunggu ke Baidu, untuk melakukan ujicoba kendaraan otonom di jalan raya umum, beberapa hari setelah mobil swakemudi Uber tak bisa melambat dan membunuh seorang wanita berusia 49 tahun di AS.

Baidu, yang oleh pemeritah China disebut sebagai jawara teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence), merupakan satu-satunya perusahaan yang diberikan izin untuk menguji kendaraan otonomnya di jalan umum.

Perusahaan yang bermarkas di Beijing ini telah ditugaskan untuk menjadi ujung tombak pengembangan mobil self-driving dan sedang berusaha untuk membangun kendaraan yang setara dengan sistem operasi Android untuk smartphone, satu media lokal China melaporkan.

Beijing bergabung dengan Shanghai dalam memungkinkan perusahaan mobil untuk menguji kendaraan swakemudi mereka di bawah kondisi lalu lintas dunia nyata, langkah yang sangat penting bagi mesin untuk belajar dan mengkalibrasi tanggapan mereka.

Sebelum ini, perusahaan mobil telah menguji kendaraan mereka di sirkuit tertutup atau daerah yang sangat terpencil, hanya ada beberapa mobil lain dan pejalan kaki, untuk meminimalkan potensi kecelakaan.

Swakemudi merupakan salah satu bidang di mana China dan AS bersaing untuk kepemimpinan, bagian dari kontes yang lebih luas untuk supremasi di generasi teknologi berikutnya yang merevolusi cara orang bekerja, bermain, dan hidup.

Mobil self-driving semakin dilihat sebagai penggabungan dari teknologi terbaru, termasuk 5G, manufaktur dan energi baru, dan cawan suci teknologi terapan karena mereka harus terbukti aman dalam kondisi jalan raya umum yang kadang-kadang kacau dan tidak dapat diramalkan.

Pada bulan Desember, Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional, badan perencanaan ekonomi utama China, mengumumkan rencana tiga tahun yang menjadikan pengembangan mobil pintar sebagai prioritas nasional.

Didukung oleh AI, teknologi tulang punggung yang mendorong revolusi industri keempat, swakemudi diperkirakan akan menghasilkan 7 triliun dolar AS dalam nilai pasar pada tahun 2050, menurut laporan Intel.

Di Beijing, Baidu akan menguji teknologi mobil otonom tingkat tiga yang memungkinkan kendaraan untuk mengambil kendali penuh dalam kondisi operasi tertentu.

Itu satu tingkat lebih tinggi dari fungsi Autopilot Tesla. Teknologi swakemudi tingkat lima memungkinkan mobil beroperasi sepenuhnya otomatis dari titik ke titik di bawah semua kondisi tanpa campur tangan manusia.

Kematian Elaine Herzberg, yang ditabrak oleh mobil self-driving Uber ketika melintasi jalan di Tempe, Arizona, telah menguak satu kelemahan teknologi ini.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2018

Komentar