VW I.D. VIZZION, ke mana pun Anda pergi tak perlu pegang stir

VW I.D. VIZZION, ke mana pun Anda pergi tak perlu pegang stir

Jakarta (Otolovers) - Ke mana pun Anda pergi dengan VW I.D. VIZZION, Anda tak perlu pegang stir karena mobil listrik Volkswagen ini memang tak ada roda kemudinya, bahkan tanpa pedal gas.

Terus…, dengan apa mobil ini dikendalikan? Artificial intelligence (AI), ya..teknologi kecerdasan buatan lah menjadi basis kendali mobil ini, yang dikombinasikan dengan teknologi kontrol suara dan gerakan (gesture).

Mobil fully otomatis yang masih dalam bentuk konsep, VW I.D. VIZZION, ini dikenalkan VW di Genewa Motor Show 2018 belum lama lalu. Sungguh sebuah kemajuan besar bagi VW dalam pengembangan mobil otonom.

“I.D. VIZZION adalah mobil brand Volkswagen pertama yang dibuat tanpa roda kemudi dan pedal—ke mana pun kendaraan konsep ini akan pergi, ia akan melakukannya secara otomatis,” kata VW dalam pernyataan resminya.
VW I.D. VIZZION, ke mana pun Anda pergi tak perlu pegang stir


Kemampuan digitalnya akan menavigasi dan mengendalikan mobil ini, dan juga mengenali penumpangnya serta otomatis mengadaptasikan aspek interior termasuk kontrol suhu dan playlist musik.

Ia bahkan akan berkomunikasi dengan dunia luar dengan memproyeksikan gambar zebra cross di depan I.D. VIZZION untuk mempersilakan pejalan kaki menyeberang jalan dengan aman di depannya.

Dengan tiga konsep kendaraan listrik I.D. yang sudah dikenalkan, yakni I.D., I.D. CROZZ, I.D. BUZZ, hanya I.D. VIZZION yang bakal diproduksi Volkswagen pada 2022, ketika kendaraan full otonom level 5 menjadi kenyataan.

Dengan model-model berbasis-MEB lainnya, I.D. VIZZION dibekali all-wheel drive yang dihadirkan oleh motor listrik pada axle depan dan belakang, memproduksi tenaga maksimum 302 tenaga kuda.
VW I.D. VIZZION, ke mana pun Anda pergi tak perlu pegang stir


Berbekal 111-kWh, mobil ini mampu menjangkau sekitar 300 mil (lebih 482 km), dilengkapi phalanx sensor—scanner laser, sensor ultrasonik, radar di depan dan belakang, dan kamera bersudut pandang 360 derajat di sekitar kendaraan.

Kemudian, serangkaian baris lampu LED mengelilingi mobil ini, dari grile depan ke samping dan handle pintu hingga fender belakang, dimana lampu akan berkedip ketika mengenali wajah salah satu dari penumpangnya melalui teknologi pengenalan wajah.

Headlamp-nya dibuat dari 8.000 HD Matrix LEDs yang bisa dikontrol secara individual dan digunakan untuk memproyeksikan gambar di depan mobil.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2018

Komentar