Muller mundur, VW rombak struktur manajemen

Muller mundur, VW rombak struktur manajemen

Ilustrasi: brand VW Group

Wolfsburg (Otolovers) - Chairman VW Group Matthias Muller mundur dari jabatannya, ketika dewan manajemen dan pengawas Volkswagen Aktiengesellschaft tengah secara ekstensif merombak struktur manajemen grup otomotif Jerman ini.

Volkswagen secara sistematis terus mengubah bisnisnya dan membangun manajemen grup yang lebih efisien dalam fase perubahan yang sangat dinamis di perusahaan ini dan industri otomotif.

Pengunduran diri Muller telah disetujui sebagai kesepakatan bersama dalam pertemuan Kamis waktu Jerman, dan posisinya akan digantikan oleh Herbert Diess yang akan efektif segera.

Ketua Dewan Pengawas Hans Dieter Pötsch secara terbuka berterima kasih kepada Müller atas dedikasinya. “Matthias Müller telah melakukan pekerjaan luar biasa untuk Grup Volkswagen. Dia menjabat sebagai ketua Dewan Manajemen pada musim gugur 2015 ketika Perusahaan menghadapi tantangan terbesar dalam sejarahnya.”

“Tidak hanya dia dengan aman menavigasi Volkswagen selama waktu itu; bersama dengan timnya, ia juga secara fundamental mengatur kembali strategi Grup, memulai perubahan budaya dan, dengan komitmen pribadi yang besar, memastikan bahwa Grup Volkswagen tidak hanya tetap di jalurnya tetapi sekarang lebih kuat dari sebelumnya. Untuk itu, dia harus mendapatkan terima kasih dari seluruh perusahaan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, VW Group juga mengumumkan pembagian divisi produk menjadi tiga besar, yakni Volume, Premium, dan Super Premium. Perusahaan juga tengah menyiapkan divisi Truck & Bus untuk menjadi perusahaan publik di pasar modal, sebagai anak perusahaan.

Para Ketua Dewan Manajemen yang bertanggung jawab atas kelompok-kelompok merek itu akan mengambil peran tambahan dalam manajemen Grup. Setelah reorganisasi ini, Herbert Diess akan bertanggung jawab untuk Pengembangan dan Penelitian (R&D) Grup, Rupert Stadler untuk Penjualan Grup, dan Oliver Blume untuk Produksi Grup.

Fungsi Grup Tambahan akan dialokasikan sesuai dengan prinsip yang sama. Karena arti khusus dari konektivitas kendaraan, IT Kendaraan akan dipimpin oleh Herbert Diess sendiri; Perusahaan IT akan dipimpin oleh Frank Witter. Pengadaan dan Komponen harus digabungkan menjadi satu unit.

Struktur baru ini akan memanfaatkan sinergi dalam unit operasi dan mempercepat pengambilan keputusan. Tujuannya adalah tetap menyelaraskan perusahaan dan merek dengan kebutuhan masa depan, menjaga posisinya di antara pemimin industri otomotif, kata Potsch dalam pernyataan resmi VW Group.

Pada pertemuan Kamis, Dewan Pengawas juga memutuskan dua penunjukan baru kepada Dewan Manajemen Grup. Oliver Blume, Ketua Dewan Manajemen di Porsche, akan menjadi anggota Group Board Management.

Selain itu, Gunnar Kilian, yang hingga kini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Pekerjaan Grup Volkswagen, telah ditunjuk sebagai anggota baru dari Dewan Manajemen Sumber Daya Manusia.

Dia mengambil alih pos Dr. Karlheinz Blessing, yang bertugas dalam posisinya sejak awal tahun 2016. Dr. Blessing akan meninggalkan Dewan Manajemen dengan kesepakatan bersama, tetapi tetap tersedia bagi Perusahaan dalam kapasitas konsultatif untuk durasi yang tersisa dari kontrak kerjanya.

Pötsch berterima kasih kepada Blessing atas pelayanannya. “Dr. Berkat telah berperan dalam menyelaraskan Grup selama dua tahun terakhir. Dia juga berkontribusi dengan dedikasi yang tinggi terhadap evolusi merek VW sebagai bagian dari Pact Future Future merek Volkswagen.”

Dr Francisco Javier Garcia Sanz, kepala Pengadaan, meninggalkan perusahaan atas permintaannya sendiri. “Selama dua dekade terakhir, Dr. Garcia Sanz telah membangun departemen Pengadaan yang mutakhir. Kepemimpinannya dari gugus tugas diesel sangat berperan dalam mengatasi krisis diesel. Sebagai Ketua Dewan Pengawas merek SEAT, dia juga memberikan kontribusi yang signifikan untuk memperkuat brand,” kata Potsch.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2018

Komentar