Berharap besar pada pasar China, Ford ekspansi mobil listrik

Berharap besar pada pasar China, Ford ekspansi mobil listrik

Bos Ford dan Zotye dalam satu mobil

Shanghai (Otolovers) - Berharap besar pada pasar China beberapa tahun mendatang, Ford Motor Company berekspansi dengan memproduksi mobil listrik di negara berpenduduk terbesar itu via usaha patungan dengan mitra lokal.

Pada Selasa (22/8), Ford menandatangani nota kesepahaman dengan Anhui Zotye Automobile Co Ltd, produsen kendaraan listrik zero emisi di China guna membentuk perusahaan patungan.

Tujuan dari MoU ini adalah untuk mengeksplorasi pembentukan usaha patungan untuk pengembangan, produksi, pemasaran dan servis jalur baru kendaraan penumpang listrik-sepenuhnya di China, kata Ford dalam pernyataan resminya.

Pengumuman ini sesuai dengan visi Ford untuk industri otomotif yang lebih berkelanjutan, serta upaya untuk berkontribusi pada tujuan masyarakat dalam meningkatkan kualitas udara dan mengatasi perubahan iklim.

"Potensi untuk meluncurkan lini baru kendaraan semua-listrik di pasar otomotif terbesar di dunia adalah langkah selanjutnya yang menarik bagi Ford di China," kata Peter Fleet, Vice President dan Ford Group Ford Ford Pacific.

"Kendaraan listrik akan menjadi bagian besar masa depan di China dan Ford ingin memimpin dalam memberikan solusi terbaik bagi pelanggan."

China adalah pasar dengan pertumbuhan tercepat di dunia untuk kendaraan energi baru (NEVs). Ford mengharapkan pasar NEV di China tumbuh menjadi enam juta unit per tahun pada 2025, dimana sekitar 4 juta di antaranya adalah kendaraan listrik.

Zotye Auto adalah pelopor dalam segmen kendaraan all-electric China dan merupakan salah satu produsen mobil pertama yang memproduksi mobil penumpang semua-listrik di negara ini.

Ini adalah pemimpin pasar di segmen kendaraan kecil all-electric China. Zotye menjual lebih dari 16.000 kendaraan listrik sepanjang Juli tahun ini, mewakili pertumbuhan 56 persen dari tahun ke tahun.

Kendaraan yang diproduksi akan dijual dengan merek asli yang dimiliki oleh perusahaan patungan baru tersebut dan bertujuan untuk meraih pangsa pasar kendaraan penumpang all-electric yang cukup besar.

Rincian tambahan, termasuk informasi tentang merek, produk dan volume produksi, akan diumumkan di kemudian hari, sambil menunggu persetujuan final dan persetujuan akhir dari regulator.

"MoU antara Zotye Auto dan Ford membuka pintu bagi kita untuk mengeksplorasi kerja sama kita dalam pengembangan kendaraan energi bersih," kata Jin ZheYong, chairman and president, Anhui Zotye Automobile Co., Ltd., yang berbasis di Huangshan, provinsi Anhui.

“Ini memberi kita kesempatan menarik untuk memanfaatkan kekuatan masing-masing dalam mencapai situasi win-win untuk pertumbuhan kedua belah pihak di pasar kendaraan listrik China yang berkembang pesat."

Sebagai bagian dari komitmen elektrifikasi globalnya, Ford telah menginvestasikan 4,5 miliar dolar untuk membuat kendaraan listrik yang menawarkan lebih banyak kemampuan, produktivitas dan kinerja kepada pelanggan.

Ford berencana untuk memperkenalkan 13 kendaraan listrik baru secara global dalam lima tahun kedepan, termasuk SUV kecil all-electric yang akan dijual di Asia, Amerika Utara dan Eropa.

Ford juga baru-baru ini mengumumkan strategi elektrifikasi China yang ambisius dan memastikan bahwa 70 persen dari seluruh kendaraan Ford yang dijual di China akan memiliki opsi powertrain pada 2025.

Usaha patungan 50:50 yang baru akan menjadi langkah maju yang besar dalam membangun inisiatif ketenagalistrikan Ford dan secara signifikan akan memperluas jejak Ford di China, bersamaan dengan usaha patungan perusahaan yang sukses, Changan Ford dan Jiangling Motors Corporation.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2017

Komentar