Penjualan Ford Focus dan Fiesta naik ditengah lemahnya pasar hatchback

Penjualan Ford Focus dan Fiesta naik ditengah lemahnya pasar hatchback

Ford Focus dan Fiesta, sedan hatchback andalan Ford.

Dearborn, Michigan (Otolovers) - Ford Motor Company mengatakan penjualan sedan papaknya Ford Fiesta ST, Fokus ST, dan Focus RS tahun ini naik meskipun pasar hatchback dunia turun sekitar 21 persen karena konsumen beralih ke SUV (sport utility vehicle).

“(segmen) Non mewah, hatchback turbocharged kecil turun 21 persen tahun ke tahun, namun Ford Focus turbocharged kami naik 37 persen,” kata analis penjualan Ford, Erich Markle, menanggapi hasil riset pasar IHS Markit, Selasa lalu (22/11).

Menurut Markle, kenaikan penjualan hatchback Ford ini melawan arus ketika banyak konsumen beralih ke model SUV, terutama di AS.

Ford mengungkapkan bahwa penjualan Focus ST dan Fiesta ST hatchback “panas” tahun ini, selain didorong oleh kehadiran Ford Focus RS all-wheel-drive tertenaga 350-tenaga kuda.

"Pembeli sekarang tahu Ford berkomitmen untuk (menyediakan kendaraan) berperforma yang terjangkau,” kata Jessica Bishop, manajer merek Focus di Ford.

Penjualan Fiesta ST sepanjang tahun ini naik 7 persen dibanding tahun lalu, berdasarkan data IHS Markit, dan dengan Focus ST naik lebih dari 5 persen dalam rentang waktu yang sama.

Penambahan Focus RS, mulai Juni, menempatkan penjualan ritel hatchback Ford naik 21,3 persen dari tahun ke tahun. Hingga September, penjualan ritel Ford Focus RS yang menyajikan top speed 165-mph mencapai 1.674 unit. Focus ST mencapai 8.249 unit, sementara Fiesta ST 3.215 unit.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar