Tanpa kesalahan, Marquez rebut pole MotoGP Jerman

Tanpa kesalahan, Marquez rebut pole MotoGP Jerman

Marc Marquez

Sachsenring (Otolovers) - Melaju di salah satu sirkuit keberuntungannya Sachsenring, pebalap Honda Marc Marquez merebut posisi start terdepan (pole) dalam kualifikasi MotoGP Jerman, Sabtu.

Beraksi nyaris tanpa kesalahan, Marquez mencatatkan waktu terbaik 1 menit 21,160 detik untuk meraih pole keempatnya berturut-turut di kelas utama di Jerman. Ia berhasil meraih rekor sempurna, menang dari posisi pole untuk tiga tahun terakhir.

Marquez melanjutkan rekornya tanpa pernah meninggalkan posisi puncak di Jerman sejak kemenangan pertamanya di sirkuit itu pada 2010.

Di belakang Marquez, tampil mengagumkan Hector Barbera (Avintia Racing), pebalap Spanyol yang mengambil posisi start kedua, merupakan yang kedua kalinya di kelas GP.

Pole pertamanya diraih Barbera pada 2012 di GP Italia dengan motor Ducati. Tidak hanya itu, ia pembalap Tim Independent terkemuka, yang juga memimpin Ducati dan satu-satunya pria Ducati di barisan depan.

Tempat start kedua merupakan posisi terbaik Barbera di kelas utama dan merupakan hasil terbaiknya sejak balapan terakhirnya di kelas 250cc di Valencia pada 2009.

Pebalap Movistar Yamaha Valentino Rossi akan mengisi posisi start ketiga pada balapan hari Minggu, hanya terpaut setengah detik dari peraih posisi pole, Marquez.

"The Doctor" puas dengan capaiannya setelah setelah melalui dua lap di lintasan sibuk pada kualifikasi kedua dengan ban baru.

Kecepatan Rossi cukup kuat untuk menantang Marquez dan dia berharap untuk mengakhiri dominasi Honda di sirkuit Jerman.

Dengan waktu hampir identik dengan Rossi, Danilo Petrucci (Octo Pramac Yakhnich) akan mengisi posisi start keempat di depan Pol Espargaro (Rakasa Yamaha Tech 3).

Marquez mungkin memiliki keuntungan yang berbeda dengan waktu pole, tapi baik Espargaro dan Petrucci berada dalam sepersepuluh detik dari peraih tempat kedua.

Maverick Viñales (Team Suzuki Ecstar), Andrea Dovizioso (Ducati Team), Aleix Espargaro (Team Suzuki Ecstar), Andrea Iannone (Ducati Team) dan Dani Pedrosa (Repsol Honda Team) melanjutkan urutan berikutnya untuk melengkapi 10 pebalap terdepan di garis start.

Setelah jatuh cukup keras pada latihan bebas pada hari sebelumnya, rekan Rossi di Yamaha, Jorge Lorenzo, mengalami kecelakaan kedua, kali ini di tikungan pertama.

Setelah meraih hasil buruk di GP Belanda pada seri sebelumnya, Lorenzo kini kembali meraih hasil menyedihkan, start di posisi 11. Itu merupakan yang terburuk sejak GP Belanda pada 2013 ketika ia menempati posisi 12 di garis start.

Andrea Iannone (Ducati Team) jatuh di tikungan pertama ketika kualifikasi kedua baru berlangsung lima menit. Itu memang bukan kecelakaan besar tapi telah mengurangi waktu berharganya dalam perebutan posisi start.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar