Hamilton kalahkan Rosberg di Formula 1 Spielberg

Hamilton kalahkan Rosberg di Formula 1 Spielberg

Lewis Hamilton

Austria (Otolovers) - Lewis Hamilton memenangi Grand Prix Formula Satu di Spielberg dalam gaya dramatis setelah menyusul rekan setimnya di Mercedes Nico Rosberg untuk memimpin dalam lap yang sangat cepat.

Pasangan pebalap Mercedes itu sempat bersenggolan, dan membuat Rosberg mendapatkan hukuman yang menempatkan dirinya berada di posisi keempat, sedangkan pebalap Red Bull Max Verstappen dan Kimi Raikkonen dari Ferrari melengkapi podium.

Setelah otoritas balap menyelidiki, Rosberg--yang sistem rem-by-wire mobilnya masuk ke mode pasif pada lap terakhir--mendapatkan penalti pengurangan 10 detik karena menyebabkan insiden, tapi ia masih di tempat keempat.

Ia juga mendapatkan teguran karena gagal berhenti dengan mobil yang mengalami kerusakan serius.

Di belakang Hamilton, Verstappen melaju dengan luar biasa untuk meraih posisi kedua, 5,7 detik lebih lambat dan tiga persepuluh detik memimpin di depan Raikkonen.

Mitra Finlandianya Sebastian Vettel tampak nyaman di depan setelah pemimpin awal Hamilton masuk pit-stop untuk berganti ban Pirelli ultrasoft, tapi pebalap Ferrari itu mengabrak dinding di lap 27. Pirelli mengatakan akan menyelidiki penyebabnya.

Hamilton memimpin di awal ketika pebalap McLaren Jenson Button cepat menyusul Raikkonen sampai lap kedelapan. Rosberg pebalap pertama yang masuk pit-stop pada lap 10, namun Hamilton berganti ke ban ultrasoft sampai lap ke-21.

Ketika Hamilton masuk pit-stop, Rosberg, yang start dari posisi keenam, memimpin. Hamilton turun ke posisi keempat ketika Raikkonen memimpin untuk satu lap sebelum masuk ke pit-stop, dan menempatkan Vettel berada di depan Rosberg dan Hamilton.

Raikkonen turun di belakang pebalap Red Bull Verstappen dan Daniel Ricciardo.

Pada lap 32 Rosberg kembali memimin di depan Hamilton, dengan gap keduanya lebih dari dua detik.

Dengan Rosberg tertatih-tatih, Hamilton melesat menuju kemenangan ke-46 dalam karirnya, sedangkan Verstappen dan Raikkonen mengisi podium dua dan tiga, sementara Rosberg meraih tempat keempat karena mendapatkan pengurangan waktu.

Rosberg masih memimpin klasemen dengan 153 poin, namun Hamilton sekarang hanya 11 poin di belakangnya dengan poin 142. Vettel dan Raikkonen masing-masing memiliki 96, dengan Ricciardo 88 dan Verstappen 72.

Romain Grosjean mempersembahkan tempat ketujuh untuk Haas, meskipun kena penalti lima detik karena terlalu cepat melaju di pit-lane, diikuti Carloz Sainz dari Toro Rossi, sedangkan Pascal Wehrlein menguntit Valtteri Botas dari Williams untuk mempersembahkan poin pertama bagi Manor.

Pebalap Indonesia Rio Haryanto finish di posisi 16, demikian mengutip f1.com.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar