Rosberg taklukkan Vettel di sirkuit Kota Baku

Rosberg taklukkan Vettel di sirkuit Kota Baku

Pebalap Mercedes Nico Rosberg.

Baku (Otolovers) - Pebalap Mercedes Nico Rosberg mendominasi balap Grand Prix Formula 1 Eropa di sirkuit Kota Baku, Azerbaijan, Minggu, mengalahkan saingannya dari Ferrari Sebastian Vettel dan pebalap Force India Sergio Perez.

Dengan Lewis Hamilton finish di tempat kelima, Rosberg memperlebar jarak di puncak klasemen dengan selisih 24 poin dari rekan setimnya itu.

Rosberg menyelesaikan 51 lap dalam waktu 1 jam, 32 menit, 52,366 detik, membuat gap lumayan jauh, 16,696 detik dengan Sebastian Vettel yang merebut tempat kedua.

Rosberg memimpin sejak tikungan pertama dan tidak pernah mendapatkan tantangan berarti ketika dua pebalap di belakangnya--yang berjarak agak jauh--berdual untuk perebutan tempat kedua.

Start dari posisi 10, rekan Rosberg, Hamilton, naik ke posisi kelima sebelum upayanya tertahan oleh masalah ERS pada F1 W07-nya. Setelah beberapa lap power mobil balapnya turun, sang juara dunia kemudian menemukan setting yang pas pada roda kemudianya dan mencoba mengatasi masalah, tapi ia sudah terlambat untuk memperbaiki posisinya.

Pebalap Ferrari Kimi Raikkonen merebut tempat keempat, sementara Valtteri Bottas memimpin Williams di posisi enam, memimpin di depan dua pebalap Red Bulls, Daniel Ricciardo dan Max Verstappen. Pebalap Force India Nico Hulkenberg dan Felipe Massa dari Williams melengkapi sepuluh besar.

Ada empat pebalap yang keluar sebelum balapan berakhir. Pertama, Danii Kvyat diduga karena masalah suspensi pada mobil Toro Rosso-nya pada lap ketujuh. Sedangkan rekan setimnya, Carlos Sainz, berhenti pada lap 33 diduga juga karena masalah suspensi.

Pebalap Manor Pascal Wehrlein keluar dari balapan pada lap 41 karena masalah rem, dan kemudian Fernando Alonso dari McLaren keluar pada lap 44.

Rekan Manor Pascal Wehrlein asal Indonesia Rio Haryanto berhasil menyelesaikan seluruh lap balapan dengan finish di tempat 18, demikian formula1.com melaporkan.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar