Rosberg raih gelar 2016 ketika Hamilton menangi Formula 1 Abu Dhabi

Rosberg raih gelar 2016 ketika Hamilton menangi Formula 1 Abu Dhabi

Pebalap Mercedes Nico Rosberg memastkan gelar juara dunia Formula 1 2016 setelah finish di tempat kedua di grand prix Abu Dhabi, Minggu (27/11/2016), di belakang rekan setimnya Hamilton.

Abu Dhabi (Otolovers) - Pebalap Mercedes Nico Rosberg merebut gelar juara dunia Formula 1 2016, setelah finish di tempat kedua dalam balapan di Abu Dhami yang dimenangi rekan setimnya, Hamilton, Minggu (27/11).

Rosberg yang hanya butuh finish di posisi ketiga di Abu Dhabi untuk bisa mengklaim gelar 2016, memenuhi targetnya dengan menyelesaikan balapan di posisi kedua di belakang Hamilton.

Lap-lap akhir di Abu Dhabi cukup menegangkan ketika Hamilton memperlambat laju Mercedes-nya dan mempersempit jarak dengan Rosberg yang menguntit dekat di belakangnya.

Lap terakhir diselesaikan oleh duo Mercedes dengan hanya gap (selisih) antara keduanya kurang dari satu detik, tepatnya 0,430 detik.

Pebalap Ferrari Sebastian Vettel finish di tempat ketiga, diikuti dua pebalap Red Bull, Max Verstappen dan Daniel Ricciardo, dan dibelakangnya lagi rekan setim Vettel, Kimi Raikkonen, di posisi keenam.

Empat pebalap di belakangnya yang melengkapi daftar 10 terdepan, yakni pebalap Force India, Nico Hulkenberg (P7) dan Sergio Perez (P8), kemudian Felipe Massa dari Williams (P9), dan Fernando Alonso wakil McLaren (P10).

Tahun ini merupakan gelar juara dunia pertama kalinya yang diraih Rosberg, membuktikan bahwa ia mampu mengikuti jejak sang ayah, Keke Rosberg, sang juara dunia 1982.

Sejak 1950 sampai sekarang, pebalap Jerman Michael Schumacher, masih menjadi peraih gelar juara dunia terbanyak, yakni tujuh kali, dimana lima di antaranya bersama Ferrari dan dua bersama Benetton, demikian mengutip data formula1.com.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar