Alasan Lorenzo dan Marquez gagal raih pole position MotoGP Jerez

Alasan Lorenzo dan Marquez gagal raih pole position MotoGP Jerez

Pebalap Honda Marc Marquez

Jakarta (Otolovers) - Pebalap Movistar Yamaha Valentino Rossi sukses meraih pole position pertamanya tahun ini, sementara rekan setimnya Jorge Lorenzo dan pesaingnya dari Honda Marc Marquez punya alasan sendiri keduanya gagal meraih posisi start terdepan di Jerez, Spanyol.

Jorge Lorenzo kepada motogp.com mengatakan, masalah ban menjadi penyebab utamanya ia gagal raih pole position dalam kualifikasi Sabtu kemarin (23/4).

Lorenzo telah dua kali mencoba dua kombinasi ban berbeda dalam latihan bebas dan kualifikasi pertama. Namun, saat menggunakan ban pilihan kedua ia mengalami masalah, dan bahkan harus membatalkan lap dan menepi.

Lorenzo kemudian mengganti ban pilihan ketiga hingga akhirnya kemudian mencatatkan lap terbaik 1 menit 38,858 detik pada akhir kualifikasi kedua, tetapi ia tidak punya cukup waktu untuk memperbaiki waktunya.

"Tempat kedua tidak buruk. Jelas saya ingin posisi pole, tapi itu disayangkan bahwa saya punya masalah dengan ban kedua. Dengan ban ketiga itu OK dan saya membuat waktu lap yang baik, 1'38.8s, tidak cukup untuk posisi pole tapi cukup untuk berada di baris pertama dan itu penting."

Sementara Valentino Rossi secara mengejutkan mencatatkan waktu lap tercepat dengan 1 menit 38,791 detik dan menggeser Lorenzo ke posisi start kedua.

Bukan saja Lorenzo, Marc Marquez yang akhirnya harus start di posisi ketiga pun menghadapi kesulitan yang sama. Ia dan timnya bahkan berkali-kali mengganti ban untuk menemukan setting yang pas.

Pilihan ban yang sudah digunakannya dalam balapan sebelumnya ternyata tidak cocok untuk lintasan Jerez. Di tikungan ke-11 dan 12 Marquez kehilangan waktu yang signifikan karena bannya, hingga kemudian ia harus puas di tempat ketiga dengan 1 menit 38,891 detik.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar