Vettel melunak, ulah Kvyat dianggap kecelakaan balap

Vettel melunak, ulah Kvyat dianggap kecelakaan balap

Insiden di tikungan kedua lap pembuka balap Formula Satu di Shanghai, China, Minggu (17/4/2016).

Jakarta (Otolovers) - Pebalap Ferrari Sebastian Vettel telah menarik argumennya mengenai Daniil Kvyat yang dianggapnya terlalu agresif hingga menimbulkan insiden di lap pembuka balap Formula Satu di Shanghai, China pada Minggu.

Vettel melunak dan mengatakan itu sebagai kecelakaan balap biasa, setelah selama balapan ia sempat mengeluh tentang sepak terjang oportunistik Kvyat di tikungan kedua.

Vettel mengatakan pebalap Red Bull asal Rusia itu datang "seperti torpedo" dan melabelinya sebagai "gerakan bunuh diri", sebelum keduanya akhirnya naik podium bersama yang tercepat Nico Rorsberg dari Mercedes.

Setelah refleksi, bagaimanapun pebalap Ferrari itu menunjukkan sikap melunak, dan mengatakan ia bisa memaklumi rantai peristiwa yang menyebabkan ia minggir ke kiri dan bersenggolan dengan rekan setimnya Kimi Raikkonen hingga menimbulkan kerusakan pada mobil keduanya.

"Apa yang terjadi di lap pertama, pada akhirnya, adalah insiden balap," kata Vettel.

"Kimi terkunci di tikungan 1. Saya mencoba untuk masuk lebih dalam untuk melewatinya. Daniil berada di belakang saya. Dia telah start dengan baik dan berbaris untuk bergerak sama cepatnya. Saya bertekad untuk menyalip Kimi. Daniil bertekad menyalip saya.

"Kimi kembali dari kiri, Kvyat datang kembali dari kanan dan saya bereaksi terhadapnya. Dari sisi saya, saya tidak benar-benar tahu ke mana harus menghindar, saya terjepit di antara Kimi dan Daniil.

"Saya mencoba untuk keluar dari itu, mematikan throttle dan menginjak rem, tapi tidak ada cara, jadi aku punya kontak dengan Kimi.

"Jelas saya sangat menyesal atas apa yang telah terjadi. Menyentuh mobil dengan warna yang sama tidaklah benar."

Sementara Kvyat mengatakan dia berindak dengan alasan baik, namun bersumpah tidak akan menahan untuk tidak mengulangi hal serupa di masa mendatang.

Kvyat tetap berkilah itu merupakan langkah logis ketika pebalap melihat celah untuk menyusul dan dia tidak melihat jika ada Kimi di kanan Vettel.

Tapi Kvyat tetap berkilah bahwa semua itu dilakukannya demi untuk memenangkan balapan, dan hasilnya memang ia meraih podium, jadi semuanya terbayar.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar