Marquez, Lorenzo atau Rossi?

Marquez, Lorenzo atau Rossi?

Marc Marquez

Jakarta (Otolovers) - Siapakah raja MotoGP seri Amerika pada Senin dinihari ini? Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, atau malah Iannone dari Ducati?

Dalam kualifikasi, setidaknya otolovers sudah menyaksikan siapa yang tercepat dan siapa yang lebih lamban, meskipun berbagai kemungkinan masih harus dibuktikan.

Selama kualifikasi jelas yang bersaing ketat adalah si jagoan Honda Marc Marquez dan Lorenzo dari Yamaha, meski dalam pemanasan rekan setim Rossi itu sempat jatuh di putaran ketiga.

Lorenzo telah membuat kejutan pertama dengan meraih catatan waktu 2 menit 03,613 detik, lap tercepat akhir pekan hingga saat itu.

Tidak hanya lap tercepat akhir pekan tapi itu juga 2 menit 03 detik pertama Lorenzo, setelah sebelumnya hanya berhasil mencapai 2 menit 04 detik.

Tapi Marquez langsung bereaksi dan menorehkan 2 menit 03,188 detik, lebih cepat satu detik dari rekor pole sendiri dan 0,425 detik lebih cepat dari waktu Lorenzo.

Setelah berusaha akhirnya, Lorenzo menjadi satu-satunya pebalap yang mencatatkan satu detik di belakang Marquez, dengan catatan waktu 2 menit 03,257 detik, atau 0,069 detik di belakang Marquez.

Itu berarti untuk tahun keempat berturut-turut, Marc Marquez merebut posisi pole di Grand Prix Red Bull Amerika. Bukan saja melanjutkan dominasinya di Texas, tapi Marquez juga mengklaim posisi pole ke-60 dalam karirnya sejak Jerman dan Indianapolis pada tahun 2015.

Setelah awal yang sulit untuk akhir pekan, Lorenzo merasa lega untuk start di posisi kedua.

Kesenjangan sedikit lebar dicatatkan Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP) yang menempati posisi start ketiga, dengan catatan waktu 0,387 detik di belakang rekan setimnya, dan 0,456 detik di belakang Marquez.

Menariknya, Rossi menggunakan sepeda motor dengan sayap untuk mengamankan tempat ketiga, lumayan membantu. Ini merupakan yang pertama di barisan depan bagi Rossi sejak di Malaysia dan Australia pada 2013.

Di posisi keempat ada Andrea Iannone dari Ducati, yang dalam akhir pekan ini ia patut diperhitungkan dan salah seorang dari sedikit pebalap yang secara konsisten mampu mempertahankan kecepatan satu detik di belakang Marquez.

Tapi sayangnya, Iannone akan diturunkan ke posisi ketujuh sebagai sanksi atas kecelakaan dalam lap terakhir di Argentina lalu.

Maverick Viñales (Team Suzuki Ecstar) menghasilkan waktu tercepat kelima dan akan dipindahkan ke posisi keempat sebagai akibat dari hukuman Iannone.

Kembali pada tahun 2015, Viñales mulai dari 12 pada grid di COTA, naik ke urutan kesembilan dalam balapan. Jika ia kembali bisa mendapatkan setidaknya tempat ketiga dalam balapan, itu merupakan podium pertamanya.

Tercepat keenam kualifikasi Cal Crutchlow (LCR Honda) akan pindah ke posisi start kelima hari ini.

Andrea Dovizioso (Ducati Team), Dani Pedrosa (Repsol Honda Team), Aleix Espargaro (Team Suzuki Ecstar) dan Scott Redding (Octo Pramac Yakhnich) merupakan para pebalap yang mengisi selebihnya untuk 10 terdepan di posisi start.

Lalu.., siapakah yang akan memenangi balap di Amerika nanti? Masih teka-teki.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar