Kadal jadi inspirasi teknologi terbaru Ford

Kadal jadi inspirasi teknologi terbaru Ford

Jakarta (Otolovers) - Ford Motor Company akan membuat bahan perekat yang terinspirasi dari kadal. 

Ford juga akan melakukan riset bersama Procter & Gamble untuk menggunakan biomimicry.
 
Bantalan kaki kadal membuat kadal bisa menempel di hampir semua permukaan tanpa cairan atau tegangan. 
 
Kadal bisa menjadi inspirasi inovasi bahan perekat di produk Ford.

"Memecahkan masalah ini bisa menghemat biaya dan jelas sekali menghemat penggunaan sumber daya lingkungan," kata Debbie Mielewski, senior technical leader for plastics and sustainability research Ford.

Ford baru saja menggelar sebuah forum di kampus Dearborn dengan partisipasi dari Procter & Gamble dan The Biomimicry Institute. Hampir 200 peneliti dan desainer ambil bagian dalam sesi ini untuk mempelajari biomimicry dan bagaimana untuk mengaplikasikannya dalam pekerjaan mereka.
 
Pendekatan biomimetic bukan merupakan hal yang baru. The Bullet Train di Shinkansen, Jepang terinspirasi dari burung pekakak. 

Velcro menangkap isyarat dari duri. Jarum medis  dikembangkan dari nyamuk. 

Selain mendaur ulang, tim desain Ford telah bekerja hampir satu dekade untuk menemukan teknologi yang diinspirasi oleh alam, dengan kesuksesan dalam produksi benang untuk bahan tempat duduk dan headliners.
 
Ford adalah satu – satunya perusahaan otomotif yang menggunakan Unifi’s high-performance REPREVE fiber, yang terbuat dari 100% bahan daur ulang termasuk botol plastik pada kendaraannya. 

Ford menggunakan REPREVE di 5 kendaraanya - the new F-150, Explorer, Edge, Focus Electric dan Fusion – dan menjadikannya bahan yang digunakan secara global. 

COPYRIGHT © Otolovers.com 2015

Komentar