Segala sesuatu mengenai All-new Toyota Prius

Segala sesuatu mengenai All-new Toyota Prius

Toyota City, Japan (Otolovers) - Generasi ke-4 Toyota Prius siap masuk ke pasar untuk menjadi pemimpin mobil hybrid. Saat ini ada sembilan juta mobil hybrid dan delapan juta di antaranya adalah produk Toyota. Setengah jumlah dari produk Toyota hybrid adalah Prius.

Prius gererasi pertama diluncurkan tahun 1997 dan menjadi hybrid pertama yang diproduksi massal. Generasi kedua diluncurkan pada tahun 2003 lalu generasi ketiga tahun 2009  dengan efisiensi BBM 32,6 km/liter (versi  JC08 test).

Generasi ke-4 atau yang terbaru kini diklaim Toyota memiliki efisiensi BBM 40 km/liter. Konsep pengembangannya adalah "a beautiful car for a beautiful Earth."

Rancangan Prius terbaru menggunakan Toyota New Global Architecture (TNGA) yang mengintegrasikan powertrain dengan platform kendaraan.

Prius tersebut diperkenalkan pertama kali ke dunia di Las Vegas bulan lalu dan akan tampil di Tokyo Motor Show  serta mulai dijual di Jepang Desember.

Mesin Prius 1,8-liter VVT-i dengan Atkinson cycle petrol engine (2ZR-FXE) kini memiliki thermal efficiency 40% alias tertinggi untuk mesin bensin.

Komponen-komponen penting hybrid seperti motor, transaxle, power control unit dan baterai kini makin kecil dan ringgan sehingga meningkatkan efisiensi BBM.

Rancangan yang makin kompak pada transaxle mengurangi 20% loss reduction dibandingkan model sebelumnya. Dua motor generator baru punya output density yang lebih tinggi namun berat dan ukurannya berkurang.

Power control unit yang telah ditingkatkan menghasilkan electronic losses yang berkurang 20%. Baterai yang kini berada di bawah jok belakang juga memberi ruang bagasi yang makin luas, kini tersedia 502 liter volume barang bawaan.

Baja yang digunakan untuk body Prius adalah high tensile strength steel plate dengan rancangan Global Outstanding Assessment. Prius juga dilengkapi paket keselamatan Toyota Safety Sense P,  sistem yang menggunakan kamera dan radar milimeter untuk mendeteksi risiko tabrakan. Sistem tersebut terdiri dari empat fungsi Pre-Collision System,Lane Departure Alert, Automatic High Beam, dan Radar Cruise Control.


Length / Width / Height 4,540 mm / 1,760 mm / 1,470 mm
(1,475 mm on models with E-Four system) Wheelbase 2,700 mm Interior length / width / height 2,110 mm / 1,490 mm / 1,195 mm Engine Type In-line 4 DOHC Displacement 1,797 cc Maximum output 72 kW [98 PS] / 5,200 rpm Maximum torque 142 N・m [14.5 kgf・m] / 3,600 rpm Motor Maximum output 53 kW [72 PS] Maximum torque 163 N・m [16.6 kgf・m] Battery Lithium-ion or nickel hydride


COPYRIGHT © Otolovers.com 2015

Komentar