Sekilas soal New Isuzu Giga dan Traga

Sekilas soal New Isuzu Giga dan Traga

New Isuzu Giga

Jakarta (Otolovers) - Produsen otomotif yang lebih fokus pada segmen niaga, Isuzu, pada awal tahun ini telah memperkenalkan New Isuzu GIGA dan menggelar World Premier Isuzu Traga.

Isuzu GIGA pertama kali dikenalkan di Indonesia pada 2011, dan tujuh tahun setelahnya model ini mengalami kemajuan yang pesat yang telah menjadi bagian penting dalam bisnis komersial Indonesia seperti pada bidang infratruktur dan logistic.

Isuzu GIGA adalah medium truck pertama di Indonesia yang menggunakan mesin dengan technology heavy duty common rail, tidak berdiam hanya sampai di situ, Isuzu Indonesia terus melakukan inovasi dimana tidak hanya mengandalkan teknologi tetapi untuk memenuhi kebutuhan dari para pemain bisnis komersial.

Mengapa mesin common rail ini menjadi penting? Seperti yag kita ketahui bersama peraturan pemerintah mengenai EURO 4 di Indonesia akan mulai dilakukan tahun ini untuk kendaraan bebahan bakar bensin, sedangkan untuk kendaraan diesel akan diberlakukan 2021.

Hal ini sudah disahkan melalui peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau yang lebih dikenal dengan Standar Emisi Euro IV.

“Kami senang mendengar hal mengenai EURO 4 karena memang kita harus sama-sama mendukung kemajuan negara Indonesia, bahkan negara-negara lain sudah melakukan itu seperti Singapura, Thailand, dan negara lainnya sudah beralih ke EURO 4 dan bahkan lebih.”

“Isuzu sudah sangat siap dalam menghadapi regulasi pemerintah mengenai EURO 4, karena kami sudah memiliki engine yang mendukung EURO 4 sejak tahun 2011, yaitu engine Common Rail,” ujar Ernando Demily selaku vice President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia.

Berikut spesifikasi singkat New Isuzu GIGA dan Tagra:

New Isuzu GIGA

a. Engine

NEW ISUZU GIGA meningkatkan kemampuan mesin untuk kelas GIGA standard power (245PS), dengan power dan torsi masing-masing dari 240PS & 72Kg.m, menjadi 245PS & 80Kg.m.

b. Transmisi

Masih dari GIGA kelas standard power (245PS), ada improvement yang dilakukan khususnya pada rasio transmisi di standard power. Isuzu meningkatkan rasio transmisi pada kelas NEW ISUZU GIGA, khususnya pada rasio gigi pertama, dimana sebelumnya Isuzu GIGA hanya memiliki rasio diangka 6.615 menjadi 9.010, menjadikan NEW ISUZU GIGA tangguh di medan tanjakan terjal

c. Chassis

NEW ISUZU GIGA mengembangkan chassis baru yang sudah tidak memakai rivet pada bagian atas chassis, sehingga memudahkan customer untuk membuat dan memasang aplikasi pada NEW ISUZU GIGA.

d. Braking System

Isuzu mengubah sistem rem dari yang sebelumnya AOH type menjadi Full air type. Hal ini menjadikan NEW ISUZU GIGA menjadi lebih safety karena karakteristik Full air yang mengunci ban disaat terjadi kebocoran angin, sehingga hal ini sangat aman bagi pengemudi

e. Cabin Suspension

Untuk NEW ISUZU GIGA, dengan penggerak 4x2 dan 6x2 isuzu melakukan perbaikan dengan mengganti solid rubber type menjadi fluid dumping rubber, sehingga menjadikan NEW ISUZU GIGA lebih nyaman untuk dikendarai.

f. Seat Suspension

Untuk NEW ISUZU GIGA dengan penggerak 6x4 dan 4x2 (tipe dump truck) dilengkapi dengan seat suspension dan menjadikan NEW ISUZU GIGA sangat nyaman walaupun di medan off-road

g. Wheel, Wheel Pin dan Tire

ISUZU GIGA sebelumnya memiliki Disk wheel berukuran 7” dan tebal 12mm, sedangakan NEW ISUZU GIGA memiliki disk wheel berukuran 7,5” dan tebal 14mm, tire size berubah dari ukuran 10.00-20-16PR menjadi 11.00-20-16PR, wheel pin (baut roda) berubah dari sisi jumlah dari 8 buah, menjadi 10 buah. Dengan improvement ini menjadikan Isuzu menjadi lebih awet masa pemakaianya

h. Trunion

Truion di NEW ISUZU GIGA mengalami perubahan dari I Rod type menjadi V Rod type menjadikan NEW ISUZU GIGA lebih stabil.

Isuzu mengeluarkan beberapa variant NEW ISUZU GIGA, sesuai dengan kebutuhan customer, yaitu;

1. FVR 34 P (N) (Medium Duty truck 4x2)

NEW ISUZU GIGA yang sangat cocok untuk segment general transporter dengan aplikasi bak terbuka. Dengan transmisi dengan firs gear ratio 9.010 dan torsi 80.5 kg.m membuat product ini sangan tangguh dimedan menanjak, namun memiliki konsumsi bahan bakar yang tetap effisien.

2. FVM 34 U (N) (Medium Duty truck 6x2)

NEW ISUZU GIGA yang sangat cocok untuk segment general transporter, industrial transporter, courier, dan total logistic. Dengan panjang cabin to end 9.8 dan mesin dengan tenaga 245 PS serta torsi 80.5 kg.m, membuat product ini besar ruang muatnya dan effisien penggunaan bahan bakarnya. NEW ISUZU GIGA ini biasa dipakai untuk wing box, Box, open cargo, dan aplikasi yang sedang hits saat ini yaitu refrigerator box.

3. FVM 34 U HP 5.8 (N)

NEW ISUZU GIGA ini sangat cocok untuk segment general transporter, total logistic, dan construction. Dengan tenaga 285 PS dan torsi 90 kg.m, product ini mampu melawati berbagai variasi jalan, mulai dari jalan flat jarak jauh dan jalan pegunungan. Product ini biasa dipakai untuk wing box, Box, open cargo, dan hi blow tank.

4. FVZ 34 N HP 6.1 (N)

NEW ISUZU GIGA ini sangat cocok untuk segmen mining, construction, oil and gas, dan untuk memenuhi kebutuhan government (contoh untuk mobil pemadam kebakaran dan bak sampah). Dengan beberapa contoh feature yang terdapat pada product ini, seperti seat suspension, full air brake, 11.00, dan common rail. Membuat kendaraan ini tangguh, nyaman, dan irit bahan bakar. Aplikasi yang paling sering digunakan untuk product ini adalah dump.
Sekilas soal New Isuzu Giga dan Traga

Isuzu Tagra


 
Isuzu Traga

Pada bulan April ini, PT Isuzu Astra Motor Indonesia memperkenalkan Isuzu Traga, sebuah produk cab over Medium Pick Up yang di develop di Indonesia. Isuzu Traga adalah solusi baru dari Isuzu bagi Anda untuk kebutuhan kendaraan niaga yang andal dan irit BBM.

Traga memiliki local content sebanyak 57.70 persen dan menggunakan mesin yang sudah terbukti tangguh, yaitu mesin Isuzu 4JA1-L dengan kapasitas 2.500cc Diesel Direct Injection.

1. Bak terluas di kelasnya

Isuzu Traga memiliki cargo dimension yang sangat besar di kelasnya dengan panjang 2.810mm dan lebar 1.620 mm, dan cargo space 4.6m2, sebagai contoh mampu membawa kurang lebih 60 galon Air dalam sekali angkut, 12 galon lebih banyak dari pembandingnya.

2. Mesin legendaris Isuzu (Durability & Fuel Efficient)

Isuzu Traga menggunakan engine 4JA1-L, 2.500 cc yang legendaris, sudah terbukti handal dan irit BBM.

Performance Isuzu Traga ini lebih unggul dibandingkan competitor-nya, karena memiliki torsi maksimum 19.5kgm, dan tenaga 80ps.

3. Isuzu Traga memiliki Cabin Modern

Isuzu Traga memiliki design kabin yang modern dan nyaman untuk dibawa berkendara jarak jauh dan dekat, dikarenakan selain memiliki kabin yang luas dan jarak pandang yang luas, Isuzu Traga dilengkapi dengan blower, system audio dan digital & analog cluster.

4. Isuzu Traga memiliki turning radius yang rendah

Dengan turning radius minimal 4.5 m, membuat Isuzu Traga lebih mudah bermanuver di jalan yang sempit.

5. Aman

Memiliki kemampuan pengereman lebih baik untuk mendukung keamanan serta menggunakan ban radial untuk umur ban lebih panjang

6. After Sales Isuzu Traga

Isuzu Traga menggunakan 68 persen komponen common use dengan product Isuzu lainnya, sehingga terjamin ketersediaan spare part nya dan memiliki harga yang affordable.

Isuzu Traga ini merupakan salah satu bukti bahwa Isuzu Indonesia terus berinovasi dan terus memperluas range product nya sesuai yang dibutuhkan oleh customer, selain itu Isuzu Traga akan diexport ke berbagai negara lainnya.  

Selain range unit yang diperluas oleh Isuzu Indonesia, Kami juga memikirkan kebutuhan yang dapat mendukung para customer, salah satunya adalah dengan dukungan alat.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2018

Komentar