Jadwal Formula One 2016 direvisi, berikut aturan baru

Jadwal Formula One 2016 direvisi, berikut aturan baru

Ilustrasi

Jakarta (Otolovers) - Badan balap dunia FIA telah merevisi jadwal balapan Formula One untuk 2016, dengan musim akan dimulai di Australia pada Maret bukan April sebagaimana disebut dalam jadwal sebelumnya.

Dalam jadwal baru yang dirilis Rabu (Kamis WIB), tercatat ada 21 balapan dalam kalender, dengan event brand-baru di Baku, Azerbaijan yang berlangsung seminggu setelah Kanada.

Juga diumumkan dalam pertemuan World Motor Sport Council (WMSC) di Paris mengenai aturan baru untuk meningkatkan bising suara mobil. Mulai 2016 semua mobil harus punya wastegate knalpot terpisah dimana semua harus lulus uji emisi.

Langkah itu tidak akan berdampak signifikan terhadap power atau emisi, kata FIA dalam pernyataannya.

Semua mobil balap nantinya harus mematuhi persyaratan kokpit dan peralatan keselamatan selama pengujian; seperti posisi kepala pengemudi, headrest padding (sandaran kepala), kockpit padding, dan kemudahan bagi pengemudi untuk keluar dari kendaraan.

Peraturan Sporting mengenai batas track telah diklarifikasi dan menentukan bahwa pebalap harus melakukan segala upaya wajar untuk menggunakan trek selama balapan dan tidak secara sengaja keluar lintasan tanpa alasan.

Hukuman tetap akan diberlakukan berdasarkan apakah pebalap dinilai telah mendapatkan keuntungan dari satu kondisi.

WMSC menyetujui usulan Komisi F1 mengenai peraturan untuk perubahan unit daya (power) dan gearbox. Penalti-penalti sebelum kualifikasi akan diterapkan berdasarkan waktu penggunaan.

Untuk perubahan yang dilakukan setelah kualifikasi, preferensi akan diberikan kepada pebalap tim pertama yang memberihukan kepada delegasi teknis bahwa perubahan akan dilakukan.

Pebalap yang menyebabkan start harus dibatalkan, bahkan jika ia kemudian bisa memulai lap formasi tambahan, akan diminta untuk memulai balapan dari pit lane.

Proses yang sama akan diberlakukan untuk sebuah start ulang (restart) dari satu penundaan balapan dimana pebalap telah dibawa ke pit lane.

WMSC mengkonfirmasi beberapa klarifikasi yang dibuat untuk batasan-batasan pengujian aerodynamic untuk penggunaan wind tunnel dan CFD, khususnya difokuskan pada laporan dan proses-proses inspeksi untuk alat-alat pengembangan itu.

Untuk 2017, kamera onboard pada batang hidung mobil akan dilarang.

Berikut hasil revisi jadwal balap Formula 1 tahun 2016 yang dirilis FIA:

20 Maret - Australia
3 April - Bahrain
17 April - China
1 Mei - Sochi
15 Mei - Spanyol
29 Mei - Monaco
12 Juni - Kanada
19 Juni - Baku*
3 Juli - Austria
10 Juli - Inggris
24 Juli - Hungaria
31 Juli - Jerman
28 Agustus - Belgia
4 September - Italia
18 September - Singapura
2 Oktober - Malaysia
9 Oktober - Jepang
23 Oktober - Amerika Serikat
6 November - Meksiko
13 November - Brazil
27 November - Abu Dhabi.

*start balapan dijadwalkan untuk mengindari konflik dengan konklusi 24 Jam Le Mans.


COPYRIGHT © Otolovers.com 2015

Komentar