IIMS vs. GIIAS : weekend pertama

IIMS vs. GIIAS : weekend pertama

Suasana di IIMS 2015 (foto : PT Dyandra Promosindo)

Jakarta (Otolovers) - Dua pameran mobil sedang digelar berbarengan dan bersaing merebut pengunjung khususnya saat weekend lewat berbagai acara.

IIMS (Indonesia International Motor Show) digelar di JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat sedangkan GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) berlangsung di ICE, BSD City, Tangerang Selatan. Gaikindo adalah kepanjangan dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia.

IIMS dengan semboyan “The Essence of Motor Show” menggelar berbagai kegiatan yang juga melibatkan komunitas pengguna otomotif. Pada Sabtu pagi, berbagai komunitas mobil klasik mengikuti Thousands Car March, konvoi dari titik kumpul di Senayan ke lokasi IIMS di Kemayoran.

Pamer diri mobil klasik akan berlangsung akhir pekan depan alias pada puncak jumlah pengunjung. Panitia IIMS yaitu PT Dyandra Promosindo menjanjikan kehadiran mobil-mobil langka katagori collectors item persembahan The 8th Otoblitz Indonesia Classic Car Show (OICCS) 2015.

IIMS pada Sabtu dan Minggu juga dimeriahkan pertunjukan Rock Crawling dan Aksi Freestyle. Para offroader IOF (Indonesia Offroad Federation) mengarungi gundukan batu yang disusun sedemikian rupa dengan tingkat kemiringan ekstrem. Ada adrenalin tersendiri menyaksikan atraksi ini karena acap terlihat mobil seperti akan jatuh atau tidak.

Selain aksi para offroader, juga ada aksi lfredo Gomez dengan motor Husqvarna. Atlet Juara Dunia endure top Eropa itu melakukan pendakian sembari memperlihatkan skill-nya melakukan wheelee alias angkat roda depan dengan ketegakan hampir 90 derajat.

Aksi Rock Crawling IOF akan kembali menyapa pengunjung pada 28 dan 29 Agutus.

Sementara itu di sirkuit lainnya diselenggarakan aksi ASEAN Stunt Day yang menghadirkan para rider negara-negara ASEAN.  Selain mereka, ada juga aksi freestyle Jack Field asal Australia dan sejumlah freestyler kenamaan Indonesia pada Sabtu dan Minggu.

Masih ada yang lainnya yaitu kompetisi Supermoto. Meski adanya di lokasi outdoor, pengunjung tak perlu khawatir kepanasan karena tersedia tribun khusus penonton.

Bagaimana dengan GIIAS ? tidak kalah seru dengan rangkaian acara seperti ;

Champion of Champions (COC). Berlangsung Sabtu dan Minggu, COC adalah gelaran balap yang digarap secara unik dan pertama diadakan di Tanah Air. Sebanyak 20 (dua puluh) pembalap nasional dari berbagai kategori, yaitu balap turing, slalom, reli, drifting dan off-road, akan berlomba menjadi yang tercepat.

Tiap pembalap akan berlomba dengan berbagai tipe kendaraan. Di lintasan aspal dengan Mazda2, lantas menari di atas trek drifting dengan Nissan Cefiro, serta meliuk-liuk di antara kun saat slalom menggunakan Toyota Yaris, serta adu kencang di trek off-road, menggunakan Jeep Cherokee.Juara gelaran ini berhak mendapatkan hadiah utama berupa satu unit Kawasaki Ninja 250 RR Mono dan hadiah uang dan trophy untuk podium 2 dan 3.

Pada Sabtu dan Minggu, masing-masing merek otomotif juga menampilkan hiburan di panggung.

Mitsibishi pada Minggu menghadirkan Ari Lasso yang membawakan lagu-lagu populernya. Grup band NAIF, sukses mengajak pengunjung GIIAS 2015 di booth Mazda bernyanyi bersama. David, Pepeng, Jarwo dan Shendy membawakan lagu-lagu lawas dengan lirik jenaka yang akrab di telinga. Di antaranya adalah Piknik 72. Sementara itu, Grup idol  JKT48 tampil di panggung mereka di booth Honda.

Selain pameran mobil yang diproduksi massal maupun purwarupa, IIMS dan GIIAS masing-masing punya "kartu spesial" untuk menarik pengunjung.

Di IIMS, tersedia untuk diajak sebagai latar foto selfie seperti replika mobil Batman 1:1, si mobil pintar KITT dalam serial film Knigt Rider,  mobil kuno Harry Potter, Dodge Charger R/T bertenaga 800 HP besutan Vin Diesel dalam film Fast and Furious. Empat mobil itu penghuni booth Movie Cars yang menghadirkan mobil-mobil popular eks film-film keluaran Hollywood.

Di sebelah mereka, ada zona History Car yang memamerkan  mobil-mobil kepresidean RI tempoe doeloe. Kalau di hari pembukaan hanya ada 3 unit limousine era Soekarno, kini bertambah jadi 4 unit. Dilengkapi pula mobil-mobil formula milik atlet Indonesia macam Ananda Mikola danFirhan Ali, plus mobil reli Mitsubishi Evo X geberan Subhan Aksa di kancah internasional. Terakhir, pengunjung dipuaskan dengan mengabadikan foto bahkan naik beberapa kendaraan lapis baja milik TNI di Military Zone.

Sementara itu di GIIAS, tersedia  Supercar Taxiride, yaitu pengunjung  bisa merasakan sensasi melaju di atas supercar Lamborghini, mulai tanggal 27 hingga 30 Agustus 2015, di outdoor area Hall 7-9. 

COPYRIGHT © Otolovers.com 2015

Komentar