Pameran GAIKINDO sudah lima kali ganti nama

Pameran GAIKINDO sudah lima kali ganti nama

ilustrasi - suatu pameran otomotif

Makassar (Otolovers) - Gabungan Industri Kedaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) kembali menyelenggarakan pameran otomotif bertaraf internasional pada 20-30 Agustus di Serpong, Tangerang Banten.

Pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara ini mengusung  nama baru GAIKINDO Indonesia International Auto Show atau yang lazim disingkat GIIAS.

Sejak berlangsung untuk pertama kalinya pada tahun 1986, pergantian nama sebenarnya bukan sesuatu yang baru untuk pameran GAIKINDO.

Pameran GAIKINDO sudah mengalami lima kali pergantian nama, dan tahun ini pemilihan kata GAIKINDO pada nama pamerannya adalah untuk lebih menekankan bahwa pameran ini merupakan satu-satunya pameran resmi milik GAIKINDO untuk mendorong pertumbuhan industri otomotif di Indonesia.

GIIAS 2015 akan berlangsung di lokasi baru yaitu Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang.

Pameran otomotif terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara ini akan menghadirkan total 34 merek kendaraan yang terdiri atas 23 merek kendaraan penumpang dari Agen Pemegang Merek  (APM) yakni Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Ford, Honda, Hyundai, Jaguar, Land Rover, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Renault, Smart, Suzuki, Tata Motors, Toyota, VW; 2 merek kendaraan penumpang yang masuk melalui importir umum yakni Aston Martin dan McLaren; serta 9 merek kendaraan komersial terdiri atas FAW, Hino, Isuzu, Maxus, Iveco, Mitsubishi FUSO, Tata Motors, Toyota Dyna dan UD Trucks.

Perjalanan panjang pameran GAIKINDO juga mendapatkan dukungan penuh dari organisasi internasional yang membawahi industri otomotif dunia yaitu OICA (Organisation Internationale des Constructeurs d’Automobiles) di setiap tahun genap pelaksanaannya.

Di bawah naungan OICA, GIIAS menjadi salah satu seri pameran otomotif dunia berkelas internasional seperti NAIAS – Detroit Auto Show, IAA – Frankfurt Auto Show, Geneva Motor Show, Auto China Beijing,  Tokyo Motor Show dan beberapa pameran lainnya.

Noegardjito, Sekretaris Umum GAIKINDO menjelaskan bahwa GIIAS 2015 adalah satu-satunya pameran otomotif di Indonesia yang mendapatkan pengakuan dunia internasional melalui OICA.

"Sejak beberapa tahun yang lalu Pameran GAIKINDO sudah tercatat sebagai salah satu rangkaian pameran otomotif internasional dalam kalender OICA," ungkapnya.

GIIAS Makassar dan GIIAS Surabaya
Sama halnya seperti GIIAS Jakarta, di Makassar dan Surabaya GIIAS akan membawa Agen Pemegang Merek anggota GAIKINDO untuk berpartisipasi di dua kota tersebut. GIIAS Makassar akan diselenggarakan pada tanggal 25 – 29 November 2015 di Celebes Convention Center, Makassar dan GIIAS Surabaya akan diselenggarakan pada tanggal 09 – 13 Desember 2015 di Grand City, Surabaya.

Program-program unggulan yang tidak boleh dilewatkan seperti Automotive Community’s Day, DJ Performance on Car, Modifiication Contest, Freestyle Motorbike Show akan menambah keseruan pameran GIIAS Makassar & Surabaya.


Layaknya GIIAS Jakarta, berbagai fasilitas juga dipersiapkan panitia untuk memanjakan pengunjungnya, seperti fasilitas test drive dan test ride yang memberikan peluang langsung bagi pengunjung untuk merasakan kemampuan dan kenyamanan kendaraan yang disukai. Kemudian ada fasilitas SIM keliling & SAMSAT corner yang akan memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk mengurus dan memperpanjang surat ijin mengemudi dan pajak kendaraan bermotor mereka.

GIIAS Makassar berlangsung pada 25 – 29 November 2015 di Celebes Convention Center. GIIAS Surabaya berlangsung pada 09 – 13 Desember 2015 di Grand City Surabaya
 

COPYRIGHT © Otolovers.com 2015

Komentar