Lima mobil peraih bintang lima pengujian NCAP

Lima mobil peraih bintang lima pengujian NCAP

Lima mobil peraih hasil pengujian keselamatan terbaik Euro NCAP 2014

Jakarta (Otolovers) - Selain desain dan performa, sebuah mobil atau kendaraan harus memenuhi satu syarat lagi sebelum dipasarkan, yaitu safety (keselamatan), fitur yang kadang masih diabaikan oleh konsumen di pasar berkembang seperti Indonesia.

Berikut lima mobil buatan 2014 peraih bintang lima (*****) atau rating terbaik hasil pengujian keselamatan oleh otoritas Euro NCAP 2014 yang tidak diragukan lagi:

1. Mercedes-Benz C-Class

Mercedes-Benz C-Class meraih pengujian keselamatan terbaik pada kelas Large Family Car (mobil keluarga kategori besar). C-Class mengantongi pengujian keselamatan penumpang dewasa begitu fantastis 92%, untuk penumpang anak-anak 84%, pejalan kaki 77%, dan Safety Assist (bantuan keselamatan) 70%.

Sedan Mercedes-Benz ini mempunyai fitur keselamatan yang lengkap, dengan airbag baik untuk pengendara, penumpang depan maupun belakang. Ada tambahan airbag untuk keselamatan kaki pengendara.

Airbag perlidungan kepala dari samping, side chest airbag, bahkan side pelvis airbag untuk pengemudi dan penumpang depan.  

2. Nissan Qashqai

Untuk kategori mobil keluar kecil, Nissan Qashqai lah juaranya. Mobil hatchback pabrikan Jepang ini dilengkapi airbag depan baik untuk pengemudi maupun penumpang depan, kemudian belt pretensioner, dan belt loadlimiter.

Nissan juga menempatkan airbag di samping kepala dan juga dada pada kabin kemudi, juga Isofix di kursi belakang, kemudian peringatan pengenaan sabuk pengaman (seat belt reminder) baik untuk penumpang depan maupun belakang.

Euro NCAP memberi penilaian untuk Nissan Qashqai masing-masing; untuk keselamatan penumpang dewasa 87%, anak-anak 85%, pejalan kaki 62%, dan safety assist 73%.

3. VW Golf Sportsvan

Mobil MPV mewah VW Golf Sportsvan meraih nilai pengujian keselamatan terbaik pada kelas small MPV (multipurpose vehicle kecil). Untuk keselamatan penumpang dewasa mobil ini meraih 87%, penumpang anak-anak 85%, pejalan kaki 62%, dan safety assist 73%.

Seperti dua mobil di atas, VW Golf Sportsvan juga dilengkapi airbag keselamatan yang lengkap di kursi pengemudi dan penumpang depan, serta belt loadlimiter di kursi belakang.

4. Land Rover Discovery Sport

Mobil ini meraih nilai tertinggi pengujian keselamatan untuk kategori small off-road, dengan keselamatan penumpang dewasa 93%, penumpang anak-anak 83%, pejalan kaki 69%, dan safety assist 82%.

Perangkat keselamatan pada Land Rover Discovery Sport ini sama lengkapnya dengan Mercedes-Benz C-Class, termasuk airbag untuk keselamatan kaki pengemudi.

5. Skoda Fabia

Pada kelas mobil supermini, peringkat terbaik diraih Skoda Fabia, mobil mini buatan perusahaan Republik Ceko yang didirikan pada 1999 lalu. Ini merupakan generasi penerus dari mobil mini Skoda Felicia.

Untuk keselamatan penumpang dewasa, Skoda Fabia mengantongi 81%, penumpang anak-anak 81%, pejalan kaki 69%, dan safety assist 69%.

Mobil ini dilengkapi airbag, belt pretensioner dan belt loadlimiter untuk pengemudi dan penumpang depan, namun tidak ada airbag untuk keselamatan kaki.

Fitur keselamatan lainnya tidak jauh berbeda dengan empat mobil lain peraih bintang lima penilaian NCAP 2014.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2015

Komentar