Kia ujicobakan pengisian daya wireless pada Kia Soul listrik

Kia ujicobakan pengisian daya wireless pada Kia Soul listrik

Kia Soul EV

Jakarta (Otolovers) - Kia telah menambahkan teknologi pengisian daya listrik nirkabel dengan kemampuan transfer cepat untuk Kia Soul EV, buah proyek tiga tahun Hyundai-Kia America Technical Center Inc (HATCI) dengan Mojo Mobility Inc (Mojo).

Proyek ini juga merupakan kerja sama dengan Kantor Energi dan Energi Terbarukan Kementerian Energi AS, yang membuka jalan bagi masa depan kendaraan listrik dimana busi tidak lagi diperlukan.

Kia Soul yang dilengkapi dengan perangkat fast charging wireless pun sudah diujicoba.

HATCI dan Mojo, perusahaan teknologi nirkabel, telah mengembangkan sistem pengisian daya baterai nirkabel kompak yang mampu mentransfer lebih dari 10 kW ke kendaraan sambil menargetkan 85 persen dari efisiensi grid-to-vehicle.

Proyek ini memasang sistem pada lima EVS Soul dan menguji mereka dalam aplikasi dunia nyata untuk ketahanan, keamanan, dan kinerja.

Sistem ini bekerja dengan menggunakan medan elektromagnetik untuk mentransfer energi antara dua kumparan-tranmitter yang ditanam di ground (tanah) dan penerima di bagian bawah kendaraan.

Pengemudi cukup mamarkir mobilnya di atas transmitter untuk memulai pengisian daya listrik. Energi kemudian dikirim melalui induktif ke perangkat listrik, yang menggunakan energi itu untuk mengisi baterai kendaraan.

Sistem ini sangat efisien sehingga memungkinkan beberapa misalignment antara transmitter dan penerima, membuatnya lebih mudah dan lebih nyaman bagi penggunaan sehari-hari.

“Kami senang dengan keberhasilan sistem dan efisiensinya,” kata William Freels, Presiden HATCI. “Kami mulai mengembangkan pengisian nirkabel yang memiliki aplikasi dunia nyata dan mudah digunakan untuk konsumen. Sekarang, dengan armada EVS Soul nirkabel ini, kita dapat dengan jelas melihat masa depan kendaraan listrik unplugged (tanpa penyambung kabel).”

Saat ini Hyundai-Kia belum punya rencana untuk menawarkan sistem pengisian nirkabel pada kendaraan produksi untuk dijual kepada konsumen. Namun, keberhasilan proyek pengembangan ini menunjukkan sistem serupa dimungkinkan pada kendaraan listrik Kia masa depan.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2018

Komentar