Volkswagen akan IPO-kan divisi Truck & Bus

Volkswagen akan IPO-kan divisi Truck & Bus

Brand Volkswagen Trucks & Bus

Jakarta (Otolovers) - Hanya tiga tahun setelah pendirian Volkswagen Truck & Bus, Volkswagen Group akan mengambil langkah penting yakni membawa divisi kendaraan komersial itu terdaftar sebagai perusahaan publik di pasar modal.

Dengan performa yang semakin baik dari sebelumnya, masuk ke pasar modal merupakan sebuah langkah logis bagi keberhasilan pengembangan perusahaan, kata CEO Volkswagen Truck & Bus GmbH, Andreas Renschler, dalam pernyataanya.

“Kami sekarang bersiap melalui pencapaian kesiapan pasar modal. Tentunya, ini adalah sesuatu yang tidak bisa dilakukan dalam semalam. Oleh karena itu kami telah meluncurkan 'Tingkat Berikutnya', sebuah proyek komprehensif yang menyatukan hampir 200 karyawan yang bekerja untuk semua merek kami dan di seluruh bagian dunia.”

“Sebagai tim, kami akan memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk memanfaatkan peluang pembiayaan tambahan yang ditawarkan oleh pasar modal. Dengan demikian, kita dapat secara fleksibel mempercepat pertumbuhan yang menguntungkan dari bisnis kendaraan komersial kita,” katanya.

Sebagai bagian dari persiapan masuk ke pasar modal, Dewan Pengawas Volkswagen AG telah menyetujui perubahan struktur hukum Volkswagen Truck & Bus GmbH.

Sebagai langkah awal, Grup akan diubah menjadi Aktiengesellschaft (AG) dan sebagai langkah kedua menjadi Societas Europaea (SE). Namun, yang terakhir ini masih membutuhkan persetujuan lebih lanjut dari Dewan Pengawas. Langkah-langkah itu akan dilakukan sesegera mungkin.

Volkswagen Truck & Bus akan terus bergerak maju dengan proses transformasi yang dirancang untuk mengubahnya menjadi perusahaan yang lebih matang. Grup ini telah memiliki organisasi yang lengkap dan lincah dengan 31 lokasi di 17 negara dan 81.000 karyawan yang memproduksi truk dan bus.

Dalam tahun fiskal pertama 2016 dan 2017, perusahaan menghabiskan total € 2,9 miliar euro untuk Penelitian & Pengembangan. Volkswagen Truck & Bus memiliki posisi pasar terkemuka di Eropa dan Brasil. Selain itu, ia telah menjalin kemitraan yang kuat di pasar sedang tumbuh Amerika Utara dan China.

Dengan ‘Tingkat Berikutnya’, Volkswagen Truck & Bus telah meluncurkan proyek yang akan semakin meningkatkan kematangan, efisiensi, dan inovasi perusahaan.

Proyek ini berfokus pada tujuh inisiatif yang menggerakkan Volkswagen Truck & Bus lebih cepat dalam perjalanan untuk menjadi Global Champion dalam bisnis transportasi.

"Sejak 2011, perwakilan karyawan dari Volkswagen, MAN dan Scania telah mendukung strategi bahwa divisi truk kami membutuhkan kehadiran global untuk memaksimalkan sinergi," kata Bernd Osterloh, Ketua Volkswagen Group Works Council.

“Dengan kesiapan pasar modal kami membuka jalan untuk mempertahankan pertumbuhan—jika perlu—secara finansial dan dengan demikian membuka perspektif baru untuk merek kuat kami, MAN dan Scania serta mengamankan pekerjaan dalam jangka panjang.”

Divisi Trucks & Bus Volkswagen yang terdiri dari brand Volkswagen, Scania, dan MAN akan mengubah bentuk badan hukumnya dari GmbH menjadi AG.

Didirikan pada 2015, Volkswagen Trucks & Bus telah berkembang positif. Pada musim gugur 2016, Volkswagen Truck & Bus memperkenalkan platform RIO berbasis cloud dan menggarisbawahi posisinya yang kuat dalam bisnis transportasi digital pada saat yang sama. Grup telah menjadi pemimpin pasar di Eropa untuk truk yang terhubung.

Melalui aliansi strategisnya dengan Navistar, perusahaan juga memperoleh akses ke pasar Amerika Utara yang penting. Dan kemitraan strategis terbaru dengan Hino Motors semakin memperluas kehadiran Grup di pasar Asia dan Jepang.

Pada tahun operasional kedua 2017, Volkswagen Truck & Bus mencapai penjualan 205.000 kendaraan komersial, meningkat sebesar 11,6% dibandingkan 2016.

Pendapatan grup naik 12,1% menjadi €23,9 miliar terutama karena peningkatan yang kuat dari penjualan unit di seluruh Grup. Laba operasi sebelum barang-barang khusus meningkat 26,8% menjadi €1,7 miliar, sesuai dengan laba operasi atas penjualan 6,9%.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2018

Komentar