Dealer Toyota California tolak jual Prius, kenapa ya?

Dealer Toyota California tolak jual Prius, kenapa ya?

Toyota New Prius

Jakarta (Otolovers) - Toyota sudah menarik kembali dari peredaran (recall) dan memperbaiki masalah pada ratusan ribu Prius, namun salah satu dealernya sendiri tidak yakin.

Laporan CBS News yang di-blowup banyak media menyebutkan bahwa Roger Hogan, seorang pemilik dealer Toyota di California Selatan menolak menjual model hybrid Toyota itu dengan alasan khawatir masalah itu masih menimbulkan risiko keamanan.

Bahkan, Hogan telah mengajukan gugatan senilai 100 juta dolar terhadap Toyota untuk penipuan dan pelanggaran kontrak dan mempetisi pengawas federal untuk menyelidiki masalah ini.

Menurut laporan itu, Toyota menyatakan bahwa gugatan itu bukan tentang keselamatan sama sekali - mereka mengatakan itu masalah dendam.

Penarikan kembali, yang dilakukan pada tahun 2014 dan 2015, mencakup hatchback Prius 2010-2014 dan model Prius V wagon 2012-2014. Sekitar 800.000 unit adalah bagian dari kampanye itu.

Inti masalah itu adalah hilangnya tenaga penggerak tiba-tiba, disalahkan pada inverter yang terlalu panas. Toyota melakukan perbaikan peranti lunak dan bersikeras bahwa masalah telah ditangani dengan benar, tetapi Hogan mengatakan dia masih melihat banyak mobil masih bermasalah.

Hogan, yang memiliki Toyota Claremont dan Capistrano Toyota, mengatakan dia memiliki lebih dari 100 model Prius yang datang ke dealernya dengan masalah inverter, bahkan setelah perbaikan recall telah diterapkan.

Bahkan, dia mengatakan dia duduk di sekitar 50 model Prius yang ada di dealernya senilai sekitar 1 juta dolar yang dia menolak menjualnya karena dia takut itu tidak aman.

Selain tuduhannya di sekitar penarikan Prius, gugatan Hogan mengklaim bahwa produsen mobil Jepang itu sedang mencoba untuk menjaga Hogan dari mentransfer dealernya kepada anak-anaknya.

Ketika dihubungi untuk memberikan komentar tentang masalah ini, Toyota mengeluarkan pernyataan yang sama kepada CBS News. "Kami percaya tuduhan Mr Hogan tidak berdasar, dan kami bermaksud untuk membela dengan gigih terhadap klaimnya. Penarikan inverter Prius diimplementasikan untuk meningkatkan keselamatan kendaraan, dan kami tetap berkomitmen untuk keselamatan dan keamanan pelanggan kami.”

“Sebagai bagian dari ini komitmen, Toyota terus meninjau dan memantau informasi yang tersedia mengenai masalah ini.Toyota menyambut feedback dari dealernya tentang kinerja dan keamanan kendaraan, namun, kami percaya gugatan Mr. Hogan termotivasi terutama oleh perselisihan terpisah yang ia miliki dengan Toyota atas manajemen dan masalah suksesi melibatkan dealernya, bukan efektivitas penarikan inverter Prius."

Adminstrasi keselamatan lalu lintas jalan raya nasional AS (NHTSA) sedang mengawasi mengenai masalah ini.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2018

Komentar