Bicara persaingan dan gelar ke-10, Rossi akan berjuang

Bicara persaingan dan gelar ke-10, Rossi akan berjuang

Valentiino Rossi

Jakarta (Otolovers) - Juara dunia MotoGP sembilan kali, Valentino Rossi, blak-blakan berbicara mengenai persaingannya dalam balap MotoGP tahun ini dan mengenai kansnya untuk merebut gelar kesepuluhnya.

Dalam wawancara panjang lebar dengan media Italia, Gazzetta dello Sport, Rossi yang sudah cukup berumur untuk karirnya di MogoGP, berbicara mengenai kiper sekaligus kapten Juventus Gianluigi Buffon—yang setahun lebih tua darinya—, dan juga petenis Roger Federer yang masih tetap berprestasi meskipun sudah mendekati usia 40 tahun.

Menurut Rossi, orang akan lebih mudah mengatakan pensiun pada puncak karirnya itu, tapi mereka juga punya pilihan lain untuk tetap berani melanjutkannya meskipun banyak pesaing muda punya talenta.

“Dia harus melanjutkan jika dia mau. Saya pikir dia tahu jika dia masih bisa berada di atas,” kata pembalap asal Tavullia soal Buffon. "Menurut pendapat saya, lebih mudah untuk mengatakan seseorang selesai daripada mendapati dia memiliki keberanian untuk tetap berada di sana dan mencoba."

Dengan begitu banyak bicara tentang angka 46 dan usianya setelah dia baru-baru ini menandatangani kontrak dua tahun untuk balapan, kata-kata itu lebih tepat daripada komentar sederhana tentang seorang rekan senegaranya. Arahkan, berbicaralah lalu kembali ke trek dan, khususnya, penggemar—yang banyak dimiliki the Doctor.

“Memiliki begitu banyak penggemar membuat saya senang,” dia tersenyum. “Orang-orang telah melekat pada saya. Dengan Fan Club, kami melakukan pekerjaan yang baik dan bersama Flavio, kami melakukan banyak hal untuk anak-anak, pergi ke rumah sakit, membawa mereka ke balapan ... penting bagi saya, klub penggemar harus melakukan hal-hal seperti itu.”

Di podium pertama dalam tahun 2018, ada banyak hal yang patut disyukuri. Jadi saat kita benar-benar bersiap untuk 2018, siapa yang berpikir Rossi akan menjadi yang terkuat? Cukup banyak yang Anda harapkan setelah musim yang menakjubkan tahun lalu.

“Bagi saya, para pembalap yang harus dikalahkan adalah Dovizioso dan Marquez, mungkin lebih banyak Dovizioso… tetapi saya menempatkan mereka pada level yang sama karena Marquez selalu memiliki kemampuan untuk menjadi kuat. Saya senang dengan balapan pertama saya sendiri, tetapi kami belum di level mereka.”

Pada titik itu, Rossi menunjukkan masalah yang telah menjadi tantangan untuk marque Iwata untuk beberapa waktu—grip belakang. Tetapi itu lebih baik daripada sebelumnya. “Akan ada trek di mana kami akan sedikit menderita dengan cengkeraman belakang,” katanya.

Rossi berharap dan yakin bahwa dengan motor 2018, ia akan lebih baik pada tahun ini. Salah satu kunci adalah elektronik, sesuatu dimana the Doctor mengatakan marques lain telah membuat keuntungan.

"Apa yang saya pikir Ducati dan Honda telah lakukan lebih baik adalah memiliki lebih banyak waktu, lebih banyak uang dan lebih banyak orang yang bekerja di sisi elektronik. Yamaha harus memahami itu dan mengusahakannya, saya pikir mereka tahu tapi kami sedikit tertinggal dengan kelompok yang berusaha untuk mencoba dan mengekstrak maksimum dari itu."

Soal Dovi, Rossi mengakui tidak begitu akrab, tapi keduanya saling menghormati dan punya hubungan baik. Dovi telah banyak berjuang, sebelum Mugello 2017 dia sepertinya tidak bisa menang, tapi sekarang Dovizioso pemenang sejati, kata Rossi.

Rossi memang tidak pernah menyerah, dan ini bukan soal usianya tapi kemungkinan ia untuk bisa mendapatkan gelar kesepuluhnya.

"Ini akan menyenangkan, saya akan menyukainya dan kami tidak kehilangan apa pun," katanya.

"Tahun lalu kami kehilangan (hal) ’bagus' pada motor kami; kami ditinggalkan dengan kekurangan. Sekarang, kami masih memiliki beberapa kekurangan tetapi kami telah menemukan hal-hal positif. Pada 2017 Maverick dan saya menyelesaikan ketiga dan kelima, kami dapat melakukan lebih banyak. Kami dapat, setidaknya, mencoba untuk memperjuangkannya,” tambah Rossi, seperti dilansir motogp.com.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2018

Komentar