Audi siapkan mobil solar cell gandeng mitra China

Audi siapkan mobil solar cell gandeng mitra China

Film cell surya untuk mobil listrik Audi

Jakarta (Otolovers) - Brand mobil mewah Audi sedang menyiapkan prototipe mobil yang dilengkapi dengan sistem tenaga surya dengan menggandeng mitranya, Alta, yang merupakan anak usaha spesialis cell surya Hanergy.

Kerja sama itu bertujuan untuk meningkatkan jangkauan atau daya jelajah kendaraan listrik, dengan bantuan sistem panel surya canggih yang dipasangkan pada atap.

Dengan menggunakan film cell surya sangat tipis, penangkap energi Matahari itu akan disatukan dengan kaca sun roof pada mobil Audi sebagai penghasil energi untuk kendaraan listrik.

Prototipe pertama akan dibuat pada akhir 2017, kata Audi dalam pernyataan resminya baru-baru ini.

Sebagai langkah awal, Audi dan Hanergy ingin mengintegrasikan film sel surya tipis Alta Devices ke atap kaca panorama. Pada masa mendatang, hampir seluruh permukaan atap mobil listrik Audi akan ditutupi sel surya.

Listrik yang mereka hasilkan akan mengalir ke sistem kelistrikan mobil dan bisa memasok misalnya sistem pendingin atau pemanas ruang kabin—membuat mobil listrik lebih efisien dan berjangkauan lebih jauh.

“Lingkup mobil listrik memainkan peran yang menentukan bagi pelanggan kami. Bersama dengan Hanergy, kami berencana untuk memasang teknologi surya yang inovatif di mobil listrik kami yang akan memperluas jangkauan dan juga berkelanjutan," kata Audi Board of Management Member for Procurement Dr. Bernd Martens.

Pada tahap selanjutnya, energi Matahari bisa langsung mengisi daya baterai traksi. "Itu akan menjadi tonggak sejarah untuk mencapai mobilitas bebas emisi yang berkelanjutan," lanjut Martens.

Listrik hijau akan dihasilkan oleh sel surya yang inovatif. Ini memiliki efisiensi lebih dari 25 persen, bentuknya sangat tipis dan fleksibel.

Sel surya itu yang diproduksi Alta Devices di California itu juga akan baik untuk kondisi low light maupun temperatur tinggi.

Dr Ding Jian, Wakil Presiden Senior Hanergy Thin Film Power Group Limited, CEO Alta Devices, Inc. dan salah satu pemimpin Audi/Hanergy Thin Film Solar Cell Research and Development Project, mengatakan,”Dengan menggabungkan terobosan Alta yang terus berlanjut dalam teknologi surya dan dorongan Audi menuju mobilitas masa depan yang berkelanjutan, kita akan membentuk mobil surya pada masa depan.”

COPYRIGHT © Otolovers.com 2017

Gallery Terkait

Komentar