Takata bangkrut?

Takata bangkrut?

Pabrik Takata di Echigawa, Jepang.

Jakarta (Otolovers) - Produsen airbag (kantung udara) Takata Corp dilaporkan akan segera mengajukan pailit pada Senin depan karena menghadapi tuntutan ganti rugi miliaran dolar akibat recall terbesar dalam sejarah otomotif.

Perusahaan Jepang—yang inflator kantung udara (airbag) buatannya cacat produksi hingga menyebabkan sedikitnya 16 orang tewas dan lebih dari 150 terluka—, akan mengajukan pailit di Pengadilan Distrik Tokyo berdasarkan Undang-Undang Rehabilitasi Sipil, kebangkrutan Bab 11 di Jepang.

Takata kemudian akan mencari pinjaman dari unit perbankan inti Sumitomo Mitsui Financial Group Inc bernilai miliaran dolar sebagai bridge loan, kata sumber yang mengetahui masalah ini seperti dilaporkan Reuters.

Juru bicara Takata Toyohiro Hishikawa mengatakan belum diputuskan mengenai pengajuan pailit itu atau pembiayaan apa pun.

Produsen suku cadang AS, Key Safety System Inc, dikabarkan bakal mengakuisisi aset Takata sebagai bagian dari restrukturisasi kebangkrutan.

Takata akan berhenti membuat inflators airbag (kantung udara) setelah menyelesaikan recall global sebagai bagian dari rencana restrukturisasi dengan Key, kata sumber terpisah.

Takata berencana untuk memulai proses pailit di Amerika Serikat dan Jepang, kata sumber itu.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2017

Komentar