Vinales favorit raih pole MotoGP Qatar, meski sempat jatuh

Vinales favorit raih pole MotoGP Qatar, meski sempat jatuh

Maverick Vinales, pembalap Yamaha pindahan dari Suzuki, yang menggantikan posisi Jorge Lorenzo.

Jakarta (Otolovers) - Melambung bersama Suzuki Ecstar, Maverick Vinales yang mulai musim ini bergabung dengan tim Movistar Yamaha, difavoritkan untuk merebut posisi start terdepan (pole) dalam kualifikasi MotoGP 2017 seri pertama di Sirkuit Losail, Qatar, akhir pekan ini.

Jadi favorit bukan tanpa alasan, pabalap muda Vinales memang terus memimpin pada sebagian sesi latihan resmi dalam dua hari menjelang kualifikasi, meskipun ia sempat jatuh dalam adu kecepatan Kamis (23/3).

“Kecelakaan ini kesalahan besar pada diri saya,” kata Vinales mengomentari kesalahannya ketika ia jatuh di tikungan keempat Sirkuit Losail.

Beruntung, kecelakaan pertamanya di atas motor Yamaha, tidak membuat Vinales cedera. Ia masih melanjutkan latihan bebas dan mencatatkan waktu terbaik menempati posisi pertama pada akhir sesi.

Vinales menjadi yang tercepat secara keseluruhan hingga latihan bebas ketiga, Jumat (24/3), dan mengakhiri sesi ini dengan catatan waktu 1 menit 54,834 detik.

Partner Vinales ketika masih di Suzuki, Andrea Iannone (Suzuki Ecstar), juga membuat kemajuan berarti, naik dari posisi 17 ke posisi kedua dengan catatan waktu 1 menit 55,848 detik, mengalahkan pebalap Honda Marc Marquez yang berada di posisi ketiga.

Di belakang Marquez, ada juara dunia Moto2 Johann Zarco (Yamaha Monsters Tech 3), yang mengambil alih dari rekan satu timnya Jonas Folger sebagai rookie tercepat.

Folger akhirnya menempati posisi kedelapan dan melangkah aman ke Kualifikasi Kedua (Q2).

Andrea Dovizioso (Ducati Team) menyelesaikan sesi latihan bebas di posisi kelima, di depan peraih tercepat latihan bebas kedua (FP2) Scott Redding (Octo Pramac Racing). Redding juga menderita dua insiden di FP3—dengan kerusakan fairing pada motornya.

Jagoan Repsol Honda Team Dani Pedrosa hanya diposisi ketujuh secara keseluruhan. Sementara di belakang Folger, di urutan kesembilan adalah pebalap LCR Honda Cal Crutchlow.

Sementara sembilan kali juara dunia Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP) baru saja menyelesaikan posisi 10, dan menempatkannya juga lolos otomatis ke Q2.

Jorge Lorenzo (Ducati Team), yang berjuang keras pada hari kedua, hanya berada di posisi 12 setelah sempat di posisi 10. Hasil ini membuat Lorenzo harus menjalani kualifikasi pertama (Q1), demikian mengutip motogp.com.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2017

Komentar