DSS Garage siapkan Sirion jadi mobil balap 200hp

DSS Garage siapkan Sirion jadi mobil balap 200hp

Desain modifikasi Sirion

Jakarta (Otolovers) - DSS Garage, bengkel modifikasi suspensi untuk speed offroad dan adventure offroad, bersama pelaku dunia balap off-road Andhi Satria sedang mengerjakan project fenomenalnya, mengubah Daihatsu Sirion menjadi mobil balap bertenaga 200 tenaga kuda (horse power/hp).

Fenomenal karena project ini melibatkan banyak mofikator dan vendor lokal, dengan maksud untuk memperkenalkan produk-produk buatan Indonesia dan dikerjakan oleh tenaga-tenaga otomotif muda anak negeri.
DSS Garage siapkan Sirion jadi mobil balap 200hp

Proses pengerjaan modifikasi Sirion


Untuk membuktikan kemampuan dan kualitas vendor lokal, DSS Garage menyematkan beberapa komponen hasil kustom buatan dalam negeri, dengan bahan aluminium untuk tanki bahan bakar (fuel tank), kemudian fuel surge tank, radiator, foot rest, bahkan chassis deck. Sementara knalpotnya dikustom dari bahan stainless steel.

Dikembangkan dari Daihatsu Sirion 2015, city car balap ini nantinya diubah dari penggerak roda depan menjadi berpenggerak roda belakang, sedangkan suspensinya DSS Garage menggunakan McPherson Strut untuk depan dan 4-Link Solid Axle untuk di belakang.

Sebagai bekal kemampuan pacunya, DSS Garage menggunakan mesin HOLESHOT RACING 1300cc 4-silider, 16-valve, DOHC untuk mensuplai tenaga maksimum 200hp pada 10.500rpm.

Meskipun proyek ini baru dimulai pada awal September lalu, DSS Garage dan timnya telah mencapai progress membanggakan, dengan hanya menyisakan pemasangan kabel mesin dan instalasi seluruh kabel lain pada kendaraan.
DSS Garage siapkan Sirion jadi mobil balap 200hp

Tahapan modifikasi Sirion


Selebihnya, tinggal merampungkan pemasangan roll-cage bagian tengah dan belakang serta pemasangan dan modifikasi as roda belakang yang sekarang sudah mencapai tahap 75 persen.

Tahapan-tahapan lain, mulai dari penggantian mesin, pengerjaan interior, pemasangan suspensi, pemasangan roll-cage depan, safety seat dan lain-lain sudah berhasil dirampungkan.

Tahapan akhir selanjutnya setelah seluruh kegiatan itu selesai adalah menghidupkan mesin, kemudian pengetesan DYNO dengan Mustang DYNO, dan terakhir pengetesan atau uji pengemudian di lintasan.

Target

Tujuan utama modifikasi ini adalah memberikan gambaran step by step modifikasi dengan menggunakan mesin alternatif dan dapat menjadi inspirasi bagi para modifikator di Indonesia bahwa city car berbagai merek lainnya juga bisa digunakan untuk berbagai balapan, kata Andhi Satria, sang modifikator yang sudah malang melintang di dunia balap off-road dalam negeri.

Tim menargetkan pada akhir November 2016, kendaraan ini sudah menjalani DYNO TESTING dengan mesin MUSTANG DYNO yang kami miliki dan pada awal Desember sudah bisa diuji di lintasan balap.

Kedepan city car hasil modifikasi ini akan digunakan dalam balap road race/touring race di Sentul dan sprint rally baik di lintasan aspal maupun tanah liat. Andhi Satria bersama tim akan segera menyelesaikan proyek ini, mencari pebalap, atau bahkan kemungkinan dia sendiri yang akan mengendarainya di lintasan balap.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar