Crutchlow juarai GP Brno, Rossi kedua

Crutchlow juarai GP Brno, Rossi kedua

Cal Crutchlow dari tim LCR Honda finish tercepat dalam balap di Brno, Republik Ceko, Minggu (21/8/2016), dan mencatatkan sejarah sebagai pebalap kedua dari tim independen yang merebut podium pertama MotoGP 2016.

Brno (Otolovers) - Pebalap LCR Honda Cal Crutchlow sukses merebut podium pertama setelah finish tercepat dalam balap MotoGP di Sirkuit Automotodrom Brno, Republik Ceko, yang ber-track basah setelah diguyur hujan.

Crutchlow yang start dari posisi sembilan terus melaju pada 10 lap terakhir bersaing ketat dengan Andrea Iannone (Ducati), Loris Baz (Avintia Racing), Scott Redding (Octo Pramac Yakhnich), dan Hector Barbera (Avintia Racing).

Crutchlow finish dengan catatan waktu 47 menit 44,290 detik untuk menjadi pebalap Inggris pertama yang memenangi balap GP sejak 35 tahun. Dia juga mengikuti Jack Miller (Estrella Galicia O,0 Marc VDS) yang mengukir sejarah sebagai perebut podium bersama tim independen pada 2016.

Selain Crutchlow, pebalap Movistar Yamaha Valentino Rossi juga tampil mengesankan, terus menyusul dengan penuh percaya diri dalam 10 lap terakhir setelah ia mulai balapan dari posisi start ke 10, tepat di belakang Crutchlow.

Rossi berhasil merebut podium dua setelah menyusul Redding, Berbera, dan Marquez dalam beberapa lap terakhir, setelah Iannone juga disusul Crutchlow.

Andrea Iannone yang sempat memimpin hingga 8 lap terakhir, akhirnya harus melorot ke posisi delapan setelah ban depannya mengelupas karena dipacu cepat sejak balap dimulai.

Pebalap Honda Marc Marquez yang juga sempat tercecer, namun masih di depan Rossi, pada lap-lap terakhir ia sempat bersaing di empat terdepan hingga menempati posisi ketiga. Ia kemudian kalah dalam duel dengan Rossi--sebelum Iannone bermasalah--sehingga ia finish di posisi ketiga.

Pebalap lainnya yang beruntung di Brno adalah Loriz Baz dari Avintia Racing, ia finish di posisi keempat, diikuti Hector Barbera di pososi kelima, dan Eugene Laverty dari Pull & Bear Aspar merebut posisi keenam.

Danilo Petrucci (Octo Pramac Yakhnich) juga menyalip rekan senegaranya untuk mengakhiri balapan posisi ketujuh.

Pebalap Ducati yang pada seri sebelumnya merebut posisi pertama di Austria, Andrea Iannone, di Brno harus puas finis pada posisi delapan, meskipun dalam kualifikasi ia start di posisi ketiga di belakang Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha) dan Marquez.

Di belakang Iannone, Maverick Vinales dari Suzuki Ecstar mengakhiri balapan di posisi sembilan, di depan Tito Rabat (Estrella Galicia 0,0 Marc VDS) yang menutup daftar 10 pebalap terdepan.

Dani Pedrosa (Repsol Honda Team) melewati balapan yang sulit dengan finish di posisi 12, setelah Yonny Hernandez dari Pull & Bear.

Rekan Rossi di Yamaha, Jorge Lorenzo tercecer jauh di posisi ke-17 setelah dua kali masuk ke pit untuk berganti ban, sementara sisa waktu tidak memungkinkan untuk memperbaiki posisinya.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar