Rossi jawara MotoGP Catalunya, Lorenzo kehilangan 10 poin

Rossi jawara MotoGP Catalunya, Lorenzo kehilangan 10 poin

Pebalap Yamaha Valentino Rossi.

Barcelona (Otolovers) - Meskipun start dari posisi kelima, pebalap Movistar Yamaha Valentino Rossi akhirnya finish terdepan dalam balap MotoGP di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Minggu waktu setempat, setelah memenangi duel dengan Marc Marquez dari Honda dalam lima lap terakhir.

Saat balapan dimulai, Rossi pada lap pertama merosot ke posisi tujuh, sementara di depan rekan setimnya, Lorenzo, serta dua pebalap Marc Marquez dan Dani Pedrosa, diikuti Iannone dari Ducati berpacu untuk yang terdepan.

Namun, saat memasuki lap kedua, Rossi dan pebalap Suzuki Maverick Vinales berhasil menyusul Andrea Iannone yang menempatkan Rossi kemudian berada di posisi enam.

The Doctor, yang sepertinya sedang dalam performa terbaiknya, kemudian menyusul Pedrosa di tikungan 10 pada lap ketiga. Selanjutnya pada lap ketujuh ia mampu memimpin setelah melampaui rekan setimnya Jorge Lorenzo dengan gerakan klasik yang menjadi keahliannya ketika memasuki tikungan pertama.

Dengan Lorenzo tertinggal agak jauh, Marquez datang dan terus mendekati Rossi saat balapan menyisakan lima lap. Duel antara keduanya pun terjadi, saling susul, meskipun Rossi tetap selalu bisa menyusul lagi saat di tikungan.

Baru ketika balapan menyisakan dua lap lagi, Rossi sepertinya sudah tidak mau lagi melayani Marquez. Ia kemudian memacu motornya dan berkonsentrasi penuh untuk menjadi yang tercepat. Ia pun finish paling depan dengan catatan waktu 44 menit 37,589 detik. Catalunya pun gemuruh dengan sorak sorai dan kibaran bendera kuning bertulis "46" sebagai dukungan dan perayaan kemenangan untuk Rossi.

Marc Marquez yang meraih posisi start terdepan (pole position) petamanya dalam balap di negaranya, finish di tempat kedua dengan jarak cukup jauh, terpaut 2,652 detik di belakang The Doctor.

Pebalap Honda Dani Pedrosa mengekor rekan setimnya untuk finish di tempat ketiga, sedangkan pebalap Suzuki Maverick Vinales merebut posisi keempat.

Lorenzo yang sempat memimpin di depan sebelum diambil alih Rossi, kemudian disusul Marc Marquez, penampilannya di Catalunya kian terpuruk saat tanpa diduga pada lap 17 ia bersenggolan dengan pebalap Ducati Andrea Iannone yang hendak menyusulnya. Keduanya pun terjatuh dan meluncur keluar lintasan tanpa bisa melanjutkan balapan.

Akibat insiden itu, Lorenzo yang semula memimpin klasemen, kini melorot ke peringkat dua dengan poin 115 setelah kehilangan 10 poin karena pengurangan. Klasemen sekarang dipimpin Marquez dengan 125 poin, sementara Rossi masih di tempat ketiga dengan poin 103.

Dengan segala hasil di Catalunya, sepertinya persaingan menuju gelar juara dunia tahun ini kian panas, dimana Lorenzo, Marquez, dan Rossi sama-sama punya peluang dengan penentunya adalah kemenangan-kemenengan pada putaran selanjutnya.

Balap selanjutnya akan dilangsungkan di Sirkuit Essen Belanda pada 26 Juni mendatang, demikian mengutip data dari motogp.com.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar