Lorenzo geser Marquez di puncak setelah drama Le Mans

Lorenzo geser Marquez di puncak setelah drama Le Mans

Jorge Lorenzo merayakan kemenangannya bersama timnya di MotoGP Le Mans, Prancis, Minggu (8/5/2016).

Le Mans (Otolovers) - Pebalap Movistar Yamaha Jorge Lorenzo kini duduk di puncak klasemen, menggeser saingannya dari Honda Marc Marquez setelah drama mendebarkan dalam balap MotoGP di sirkuit Le Mans, Prancis, Minggu (8/5).

Lorenzo tampil sempurna di Le Mans dengan start terdepan dan finish tercepat untuk mendapatkan total poin 90, naik ke puncak klasemen setelah Marc Marquez gagal mencapai garis finish karena terjatuh.

Sekarang Lorenzo memimpin dengan lima poin lebih banyak dari Marquez yang turun di urutan kedua dengan 85 poin, diikuti Valentino Rossi dengan 78 poin di urutan ketiga.

Lorenzo memimpin sejak start di Le Mans, diikuti pebalap Ducati Andrea Dovizioso dan Iannone di belakangnya. Marquez segera naik ke urutan keempat saat ia menyusul Pol Espargaro (Monster Yamaha Tech 3), sedangkan Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP) berusaha untuk mengikutinya tapi terus "diribeti" Aleix Espargaro (Suzuki Ecstar) dan Bradley Smith (Monster Yamaha Tech 3).

Saat Lorenzo menyelesaikan pertama, mengikuti di belakangnya dengan jeda setengah detik, Dovizioso dan Iannone.

Pada lap keempat Rossi meningkatkan kecepatannya untuk menyusul Marquez yang berada di depannya. Sebelum kemudian pada lap ketujuh, apes menimpa Iannone, ia terjatuh di tikungan kedelapan, tidak lama setelah Cal Crutchlow (LCR Honda) mengalami kecelakaan keempat tahun ini.

Satu lap kemudian, Tito Rabat (Estrella Galicia 0,0 Marc VDS) juga jatuh di putaran keenam, sementara Iannone yang sempat melanjutkan balapan akhirnya menyerah dan keluar dari lintasan.

Pada lap ke-13 Rossi menyusul Marquez dan berusaha untuk mengalahkan Davizioso dalam pertempuran untuk posisi kedua. Hanya beberapa tikungan saja, Rossi kemudian merebut posisi kedua.

Di di belakang Rossi, Andrea Dovizioso dan Marquez berduel untuk memperebutkan tempat ketiga, tapi malang keduanya jatuh bersamaan di tikungan ketujuh pada lap 16. Tidak ada kontak antara mereka, dan keduanya terpeleset jatuh keluar lintasan.

Maverick Vinales dari Suzuki Ecstar pun memanfaatkan keuntungan ini dan melaju di belakang Rossi untuk merebut posisi ketiga dan mempersembahkan podium pertama untuk Suzuki sejak 2008 di Brno.

Kemenangan membawa Lorenzo pindah ke puncak klasemen dengan total poin 90, sedangkan Marquez terpaksa melorot ke posisi kedua setelah kecelakaan itu. Rossi tetap di tempat ketiga dengan poin 78, hanya 7 poin terpaut dari Marquez.

Dani Pedrosa (Repsol Honda) tidak mampu mengalahkan Vinales dan finish di tempat keempat. Pol Espargaro sekali lagi pembalap finish di tempat kelima di depan kakaknya, Aleix Espargaro (Suzuki Ecstar).

Diikuti kemudian Danilo Petrucci (Octo Pramac Yakhnich), Hector Barbera (Avintia Racing), Alvaro Bautista (Aprilia Racing Team) dan Stefan Bradl (Aprilia Racing Team) menutup 10 besar.

Dari 21 pebalap yang bertarung dari garis start, hanya 13 yang menyelesaikan seluruh lap dalam balapan di Le Mans, demikian mengutip motogp.com.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar