Lorenzo cetak rekor lap untuk raih pole MotoGP Le Mans

Lorenzo cetak rekor lap untuk raih pole MotoGP Le Mans

Pebalap Movistar Yamaha Jorge Lorenzo

Jakarta (Otolovers) - Tanpa pernah terlempar dari dua besar pada seluruh akhir pekan, Jorge Lorenzo mencetak rekor baru lap tercepat untuk meraih start terdepan (pole position) MotoGP Le Mans, Prancis, dalam kualifikasi, Sabtu, mengungguli Marquez dan Iannone.

Dani Pedrosa (Repsol Honda Team) mengalami kecelakaan awal di tikungan keempat ketika sesi kualifikasi hanya menyisakan lebih delapan menit.

Dia gagal meraih waktu tercepat dan kembali ke pit untuk menggunakan mesin kedua. Pedrosa dan tim terpaksa harus membalap dengan dengan sepeda motor keduanya.

Ketika putaran terakhir hari ini dimulai, Andrea Iannone (Ducati Team) terjatuh dan memaksanya menghentikan lap. Pebalap Italia ini kemudian kembali ke pit dan berganti ke motor Desmosedici GP keduanya.

Bagaimanapun Jorge Lorenzo memperbaiki catatan waktunya, mencetak lap tercepatnya di Le Mans dengan 1 menit 31,975 detik, sekaligus menjadi rekor baru bagi Michelin sejak kembali ke Kejuaraan Dunia ini.

Capaian itu juga merupakan pole position kelas utama pertamanya di Le Mans.

Marc Marquez (Repsol Honda Team) akan start di posisi kedua, start di baris kedua yang kelima kalinya pada musim ini. Catatan lap terbaik Marquez 1 menit 32,416 detik, 0,441 detik di belakang Lorenzo.

Meski sempat jatuh, Andrea Iannone (Ducati Team) telah berhasil mengamankan posisi start ketiga. Ia mencatatkan waktu terbaiknya 1 menit 32,469 detik yang diraih dari lap ketika sesi ini, dan ia gagal memperbaikinya setelah kecelakaan.

Pol Espargaro (Monster Yamaha Tech 3) akan mengisi posisi start keempat pada balapan hari Minggu ini. Di belakang pria asal Spanyol ini ada Andrea Dovizioso (Ducati Team), membuat tim Ducati kembali menjadi satu-satunya yang sukses menempatkan dua pebalapnya di jajaran lima besar.

Bradley Smith (Monster Yamaha Tech 3) meraih hasik kualifikasi terbaiknya tahun ini dengan start di posisi keenam, sedangkan Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP) akhirnya hanya merebut posisi ketujuh.

Bagi Rossi, ini merupakan posisi grid terburuknya sejak ia memulai start di Valencia dan untuk pertama kalinya start dari baris ketiga sejak GP Australia pada 2015.

Maverick Viñales (Team Suzuki Ecstar), Cal Crutchlow (LCR Honda) dan Danilo Petrucci (Octo Pramac Yakhnich) melengkapi sepuluh besar. Seperti Pedrosa dan Iannone, Petrucci juga terjatuh pada sesi ini.

Karena kecelakaannya, Pedrosa di GP Prancis harus start di posisi ke-11 setelah awal menjanjikan ketika ia memimpin dalam Latihan Bebas I (FP1) pekan ini.

Pebalap tuan rumah Loris Baz (Avintia Racing) mengalami hari yang sulit, berjuang di kualifikasi pertama (Q1) dan start di posisi terakhir dalam putaran balap di negaranya ini.

Sesi pemanasan balap MotoGP Le Mans akan dimulai pada pukul Minggu 09:40 waktu setempat, dan balapan pada dimulai jam 2.00 siang, demikian mengutip motogp.com.

Lorenzo cetak rekor lap untuk raih pole MotoGP Le Mans

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar