Marquez raih kemenangan keempat di Texas, Rossi jatuh

Marquez raih kemenangan keempat di Texas, Rossi jatuh

Marc Marquez

Texas (Otolovers) - Marc Marquez yang tampil penuh percaya diri akhirnya meraih kemenangan keempatnya di Texas dalam balap MotoGP di Sirkuit Amerika, Minggu (Senin dinihari), ketika Valentino Rossi harus keluar lintasan pada lap ketiga karena jatuh.

Marquez finish tercepat dengan catatan waktu 43 menit 57,945 detik diikuti pebalap Yamaha Jorge Lorenzo dan Andrea Iannone dari Ducati di tempat ketiga. Kemenangan Marquez menebalkan recordnya yang selalu meraih hasil sempurna di tanah Amerika.

Meskipun sempat jatuh dalam sesi pemanasan, Lorenzo baik sepanjang balapan, demikian juga Iannone--dengan motor Ducatinya yang musim ini terlihat begitu powerfull--, ia tampil menawan setelah tercepat keempat dalam kualifikasi namun harus start di posisi ketujuh karena penalti atas kecerobohannya pada GP Argentina pekan lalu.

Peraih podium kedua dan ketiga semuanya memilih ban medium baik untuk roda depan maupun belakang, sedangkan Marquez menggunakan ban depan soft dan belakang medium.

Lorenzo sempat memimpin sebelum ia kemudian melebar ketika membelok di tikungan pertama, yang memberi peluang Marquez untuk bergerak maju dan menyusulnya. Lorenzo melorot ke posisi kedua diikuti rekan setimnya Valentino Rossi.

Andrea Dovizioso juga membuat awal yang baik dan menggunakan power motor Ducatinya ia meluncur ke posisi kedua ketika melewati trek lurus. Demikian juga Aleix Espargaro dari Suzuki Ecstar berada di posisi keempat pada awal lap kedua setelah start di posisi kesembilan.

Untuk balapan yang ketiga berturut-turut, pebalap Avintia Racing Loris Baz jatuh, saat ia berusaha melewati belokan pertama.

Menginjak lap ketiga, giliran Rossi yang tersingkir dari balapan saat ia kehilangan sudut depan dan terjatuh di tikungan kedua. Ini merupakan yang pertama kali dalam 25 balapan Rossi gagal finish di lima besar.

Sementara Marquez dan Davizioso melaju di depan, Lorenzo mempertahankan posisi ketiga. Tapi kemudian Lorenzo berhasil menyusul Dovizioso dengan Dani Pedrosa dari Honda mengikuti dengan sabar di belakangnya.

Pada awal lap ketujuh, Pedrosa kehilangan kendali terpeleset ambruk dan meluncur ke arah Dovizioso. Pedrosa masih bisa melanjutkan balapan namun Dovizioso terpaksa keluar tapi untungnya ia tidak cedera.

Pada tikungan kesebelas lap delapan, Cal Crutchlow dari LCR Honda dan pebalap Monster Yamaha Tech 3 Bradley Smith terjatuh.

Pedrosa yang memaksakan melanjutkan balapan setelah jatuh akhirnya tetap harus keluar ketika balapan menyisakan 10 lap lagi karena motornya rusak. Pedrosa lalu pergi ke pit Dovizioso untuk meminta maaf atas insiden yang membuat pebalap Honda itu tidak bisa melanjutkan balapan. Sebuah sikap sportif meskipun kejadian itu tidak disengaja.

Sebagaimana telah diprediksikan banyak orang, Marquez pun akhirnya finish tercepat dengan 6,105 detik di depan Lorenzo. Sementara Andrea Iannonek, yang diuntungkan dengan kecelakaan Pedrosa dan Dovizioso, finish di tempat ketiga.

Maverick Vinales mengamankan finish terbaiknya di posisi keempat untuk kali pertama, diikuti rekan setimnya Aleix Espargaro. Ini hari yang baik baik Suzuki karena dua pebalapnya masuk ke lima besar.

Kemudian diikuti masing-masing Scott Redding, Pol Espargaro (Monster Yamaha Tech 3), Michele Pirro (Octo Pramac Yakhnich), Hector Barbera (Avintia Racing), dan Stefan Bradl dari Aprilia Racing Team Gresini.

Hasil ini membuat Marquez memimpin klasemen dengan 66 poin diikuti Lorenzo yang terpaut 21 poin, sedangkan Rossi melorot ke posisi ketiga dengan nilai 33 setelah gagal menyelesaikan GP Amerika ini.

Sumber: motogp.com

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar