Iklan kampanye jangan mengemudi ketika mabuk diputar sebelum Star Wars

Iklan kampanye jangan mengemudi ketika mabuk diputar sebelum Star Wars

Larangan mengemudi kendaraan dalam keadaan mabuk

Jakarta (OtoLovers) - Banyaknya kematian akibat kecelakaan kendaraan di AS, yang bahkan mencapai angka hampir empat kali lebih banyak dari kematian akibat senjata api (selain sengaja bunuh diri), yang sekitar sepertiga kecelakaan akibat mengemudi dalam keadaan mabuk, membuat pihak berwenang AS untuk mengkampanyekan mengemudi anti miras.


Pejabat federal AS mengumumkan upaya baru pada Kamis untuk menindak pengemudi mabuk sepanjang musim liburan. Menteri Transportasi Anthony Foxx membahas momok mengemudi dalam keadaan mabuk di bioskop Washington DC dimana penonton bioskop disiapkan dalam pembukaan dari Star Wars: The Force Awakens.

Fans dari seri film ini akan menjadi orang yang pertama untuk melihat iklan layanan publik yang mengingatkan pengendara kampanye "Drive Sober or Get Pulled Over". Iklan ini memiliki dua versi, versi pertama "Man in the mirror", seorang pengendara pria melihat ke cermin dan mencoba untuk meyakinkan diri mereka bahwa OK untuk mengemudi setelah minum minuman keras. Versi kedua "Woman in the mirror". Iklan kampanye ini akan tayang sebelum film Star Wars dan film lainnya di bioskop di seluruh negeri selama beberapa minggu ke depan.


"Mengemudi dalam keadaan mabuk tidak terjadi begitu saja," kata Mark Rosekind, administrator Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Nasional Jalan Raya.

"Oranglah yang membuat keputusan ini. Sebuah keputusan untuk melanggar hukum dan dapat membawa konsekuensi yang fatal. Kami bangga bisa bekerja sama dengan ribuan lembaga penegak hukum di seluruh negeri untuk melindungi masyarakat dan mendapatkan pengemudi mabuk keluar dari jalan kami."


Upaya untuk membersihkan jalan dari pemabuk telah terjadi selama beberapa dekade, tetapi kematian dari pengemudi mabuk yang terlibat kecelakaan lalu lintas tetap tinggi, terhitung sekitar sepertiga dari kematian akibat kecelakaan di jalan dalam beberapa tahun terakhir. Kecelakaan melibatkan alkohol menewaskan 9.967 orang pada tahun 2014, tahun terakhir sesuai data yang tersedia, menurut angka dari Analisis Fatality Sistem Pelaporan pemerintah. Itu rata-rata satu kematian setiap 53 menit.

Penurunan 1,1 persen pada kematian akibat pengemudi mabuk dari 2013, namun para pejabat transportasi dan pendukung keselamatan tetap frustrasi oleh lambatnya menghentikan pengemudi mabuk.

Meski iklan ini mungkin tidak diputar di Indonesia, otolovers tetap harus juga peduli dan sadar akan bahayanya mengemudi dalam keadaan mabuk. Selain membahayakan diri, juga membahayakan orang lain, dan mungkij  keluarga atau teman otolovers.com.

Jika di Amerika ada perbandingan mengendarai mobil sama berbahayanya atau bahkan lebih berbahaya daripada ditodong senjata api, maka mengemudi dalam keadaan mabuk, dapat diibaratkan menantang psikopat yang menodongkan senjata api tanpa kita dibekali senjata.

"Don't trust your self when you drink", jangan percaya pada diri anda ketika anda mabuk. Sebuah pesan yang sangat padat, jelas dan bermanfaat, bukan hanya bagi warga AS, akan tetapi juga bagi otolovers semua.

Drive safety and safe life.

Sumber: Autoblog

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar