GIIAS vs IIMS: lihat mobil terbaru atau hiburan menarik?

GIIAS vs IIMS: lihat mobil terbaru atau hiburan menarik?

Atraksi para rider di IIMS 2015.

Jakarta (Otolovers) - Dua pemeran otomotif yang digelar bersamaan di Indonesia sekarang ini: Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) dan Indonesia International Motor Show (IIMS) punya karakter dan ciri khas sendiri-sendiri.

Bagi otolovers atau masyarakat pada umumnya sebenarnya diuntungkan karena disajikan dua pilihan pameran mobil di dua tempat berbeda dan segala penyuguhan yang berbeda pula.

Secara garis besar, berdasarkan pengamatan Otolovers.com, pada dasarnya dua pameran itu secara tidak sengaja telah membagi dalam dua sajian yang berbeda.

GIIAS, yang tahun ini melakoni event pertamanya dan mengambil lokasi di ICE Serpong, menyajikan puluhan bahkan lebih mobil-mobil debutan karena sebagian pesertanya adalah para agen pemegang merek (APM) di bawah naungan Gaikindo.

Untuk melihat atau bahkan memesan mobil-mobil terbaru keluaran teranyar, GIIAS lah tempatnya. Otolovers bisa menyisir booth-booth dari Hall 1 hingga 10 dengan beragam brand di dalamnya yang digelar dalam ruang yang sangat luas dan bangunan lumayan megah.

Meski bukan menjadi halangan, lokasi GIIAS yang jauh berada di BSD City Serpong, Tangerang, Bantan, tetap dikeluhkan sebagian masyarakat, mungkin karena baru pertama kali juga pameran mobil diselenggarakan di sana.

Kekurangannya, otolovers akan cepat bosan dan mungkin enggan lagi untuk datang kembali jika yang diinginkan sudah terpenuhi. Kenapa? Itu karena GIIAS minim atraksi dan hiburan sebagai daya tarik lain.

Hiburan atau atraksi mencolok yang disajikan hanyalah hiburan musik dari grup band dan penyanyi ternama setiap akhir pekan, serta tantangan mencoba mobil-mobil 4WD (four-wheel drive) di "4x4 Challenge", selain even standar seperti test drive dan lain-lain.

Full atraksi dan hiburan

Kondisi di GIIAS sangat kontras dengan di IIMS, Dyandra Promosindo yang sudah berpengalaman bertahun-tahun lebih pintar dalam mengemas pameran, meskipun banyak kekurangan juga di sisi lain.

IIMS 2015, yang pertama tanpa keterlibatan Gaikindo, dikemas dengan penuh atraksi dan hiburan, mulai dari aksi menegangkan stunt rider di atas motor, ajang balap Super Moto, barisan mobil kuno legendaris, movie car, hingga penampilan penyanyi dunia Ariana Grande.

Dyandra sengaja mengatur kegiatan pendukung tidak dimampatkan pada awal pameran tapi terus berganti hingga akhir nanti 30 Agustus 2015 dengan harapan menjadi penggaet mujarab bagi masyarakat untuk mendatangi JIExpo Kemayoran.

Jika otolovers ingin banyak menikmati hiburan dan atraksi, IIMS 2015 lah tempatnya. Gampang diakses memang lokasinya, tapi untuk urusan penampil mobil, IIMS kali ini bukan lah tempatnya karena sebagian besar pesertanya hanyalah para dealer.

Hanya beberapa APM saja yang hadir di IIMS, meskipun di GIIAS mereka juga, seperti Ford, Datsun, dan Garansindo sang distributor kendaraan mewah, motor listrik, dan scooter Peugeot.

Dalam hal layanan belanja mobil, sebenarnya nyaris sama dengan di GIIAS, karena dealer yang berpameran di IIMS juga merepresentasikan dan mengikuti kebijakan penjualan APM dan mitra finansialnya.

Jadi, jika otolovers ingin beli mobil tapi tidak hendak mengekplorasi mobil-mobil debutan, IIMS sudah cukup mengakomodasi. Plus bisa menikmati banyak sajian kegiatan pendukung yang lumayan menghibur, belum lagi kegiatan para komunitas otomotif.

Kita simak saja sampai akhir IIMS dan GIIAS untuk membuktikan capaian-capaian dua auto show yang nyata-nyata tengah bersaing itu.


COPYRIGHT © Otolovers.com 2015

Komentar