Jaguar Land Rover kembangkan sistem penghindar jalan rusak

Jaguar Land Rover kembangkan sistem penghindar jalan rusak

Jakarta (Otolovers) - Jaguar Land Rover (JLR) mengembangkan sistem peringatan " ada jalan rusak di depan" .

Cara kerja sistem itu adalah dengan pemindai berupa kamera stereo  yang ada di atas kaca depan, sekitar spion tengah.

Sistem itu juga bisa memberi tahu kendaraan lain tentang jalan rusak, misalnya ada lubang, sehingga mereka dapat menghindarinya.

Data tersebut, berupa gambar dan koordinat, juga bisa dikirim ke Pemda setempat untuk segera memperbaiki jalan rusak tersebut.

JLR berpendapat, deteksi lubang jalan akan membuat pengemudi waspada dan memperlambat kendaraan dan punya kesempatan menghindar.

Perusahaan itu juga mengembangkan Range Rover Evoque yang dapat mendeteksi jalan rusak dan segera menyesuaikan suspensi.

"Riset kami adalah mencari cara pengukuran yang lebih akurat dalam deteksi lubang dengan memindai jalan di depan sehingga kendaraan dapat memprediksi tingkat guncangan sebelum kendaraan melewati lubang," kata Dr Mike Bell, direktur global "connected car" di JLR.

"Kami mengembangkan sistem agar kendaraan secara otomatis dapat menghindari lubang tapi tidak meninggalkan jalur yang bisa membahayakan pengguna jalan lain," kata Dr Bell.

Dia juga menjelaskan sistem tersebut dapat melambatkan laju kendaraan bahkan menghentikannya jika lubang di depan terdeteksi sangat berbahaya.









COPYRIGHT © Otolovers.com 2015

Komentar