Cara merawat aki mobil

Cara merawat aki mobil

Aki mobil

Jakarta (Otolovers) - Meskipun kelihatannya sepele, aki merupakan komponen penting pada kendaraan Anda karena menjadi sumber tenaga utama untuk menyalakan mesin mobil, selain untuk lampu-lampu dan sound system.

Aki yang sudah bermasalah tentu saja juga membuat performa mobil menjadi berkurang, dan bahkan membuat mobil Anda mogok tak bisa di-starter ketika aki tekor atau kehabisan daya listrik.

Berikut adalah beberapa tips merawat aki mobil agar tidak cepat tekor dan awet:

1. Perhatikan beban penggunaan

Salah satu cara terbaik untuk merawat aki mobil adalah dengan memerhatikan beban penggunaan aki secara berkala. Pengecekan harus dilakukan secara rutin. Pengecekan ini berguna agar kondisi aki bisa diketahui secara tepat. Pengecekan beban penggunaan aki sendiri bisa dilakukan di bengkel resmi.

2. Bersihkan secara berkala

Agar kondisinya tetap terjaga, aki juga perlu dibersihkan secara berkala. Salah satu bagian yang perlu mendapatkan perhatian lebih adalah bagian terminal aki. Terminal aki biasanya sering tertutup debu dan kotoran selama pemakaian.

Hal ini menyebabkan hantaran listrik dari aki ke komponen mobil menjadi terhambat. Cara termudah untuk membersihkan terminal aki adalah dengan membersihkannya dengan sikat kawat atau sikat plastik.

3. Panaskan mobil periodik

Memanaskan mobil merupakan salah satu cara terbaik dalam merawat kesehatan aki. Meski mobil tidak sedang akan dipakai namun memanaskan mesin mobil setiap hari adalah hal yang perlu dilakukan.

Mobil yang tidak pernah dipanasi akan memberi dampak pada kondisi aki. Aki akan menjadi cepat tekor dan soak. Oleh karena itu, panaskan mesin mobil dengan menyalakannya setiap hari selama 5 hingga 10 menit.

4. Pastikan ketersediaan listrik pada aki

Menjaga suplai listrik di dalam aki adalah salah satu cara terbaik dalam merawat aki mobil. Saat Anda merasa mobil sudah mulai sulit dinyalakan maka ada kemungkinan jika cadangan listrik di dalam aki mobil Anda sudah mulai menipis. Segera isi ulang cadangan listrik mobil Anda.
 
5. Lepas kabel aki saat mobil tak digunakan

Saat mobil akan tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang maka ada baiknya untuk melepaskan kabel aki dari terminal penghubungnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari aliran listrik yang terus menerus.

Jika dibiarkan terus menerus maka akan berakibat pada aki mobil yang menjadi tekor atau soak. Tapi, perlu diingat untuk mobil yang bermesin injeksi dengan kontrol elektronik, mencopot aki mungkin bisa menyebabkan setting elektronik mobil Anda ter-reset.

6. Pilih aki berkualitas terbaik

Agar aki kendaraan Anda berkerja maksimal maka pilihlah aki dengan kualitas terbaik sehingga suplai tenaga untuk kelistrikan kendaraan juga maksimal. Jangan tergoda dengan aki berharga murah namun akhirnya tidak awet dan cepat tekor, maka Anda sendiri nanti yang repot.

Sumber: Nissan Indonesia

COPYRIGHT © Otolovers.com 2018

Komentar