Mobil hybrid Toyota ini lebih fleksibel, bisa diisi etanol

Mobil hybrid Toyota ini lebih fleksibel, bisa diisi etanol

Prototipe hybrid flexible-fuel vehicle (hybrid FFV) Toyota yang dikembangkan berbasiskan Prius.

San Paulo (Otolovers) - Toyota mengumumkan satu lagi inovasinya, sebuah kendaraan hybrid fleksibel pertamanya yang bisa beroperasi dengan bensin atau bahan bakar alternatif lain seperti etanol.

Prototipe dari hybrid flexible-fuel vehicle (hybrid FFV) ini dikenalkan untuk pertama kalinya dalam sebuah acara yang diadakan Toyota di Sao Paulo, Brazil, pada 19 Maret lalu.

Pemangku kepentingan termasuk pemerintah negara bagian, universitas, dan asosiasi tebu (Persatuan Industri Tebu: UNICA) menghadiri acara tersebut. Prototipe adalah kombinasi dari kendaraan bahan bakar fleksibel (FFV) yang dapat didukung oleh bensin dan bahan bakar alternatif seperti etanol, dan sistem hibrida terkenal Toyota yang menggabungkan mesin pembakaran dan powertrain listrik.

Hybrid FFV adalah sistem powertrain baru yang dikembangkan Toyota dengan tujuan untuk mempopulerkan kendaraan listrik hybrid di Brazil dan berkontribusi terhadap lingkungan melalui pengurangan emisi CO2.

Hybrid FFV memiliki potensi untuk secara drastis mengurangi total emisi CO2 karena dibangun pada sistem hibrida Toyota yang memiliki efisiensi energi tinggi dan tingkat emisi rendah dan juga memanfaatkan kapasitas reabsorpsi CO2 dari etanol, bahan bakar terbarukan 100 persen yang berasal dari tumbuhan.

Prototipe ini menggunakan Toyota Prius sebagai model dasar, yang saat ini dijual dan menjadi populer di Brazil.

“Studi awal Toyota menunjukkan bahwa Hybrid FFV memiliki keuntungan besar dalam kinerja lingkungan dibandingkan dengan standar FFV, ketika kami memperkirakan emisi CO2 dimulai dengan ekstraksi bahan baku, melalui distribusi pada pompa bahan bakar ke pengapian dalam proses pembakaran mobil. Jika hanya didorong oleh etanol berbasis tebu (bahan bakar E100), hasilnya bahkan lebih baik,” kata Toyota dalam pernyataannya.

Pengembangan Hybrid FFV merupakan salah satu upaya Toyota untuk mencapai "Tantangan Lingkungan 2050" di mana tantangannya sendiri untuk mengurangi emisi CO2 kendaraan hingga 90 persen dibandingkan dengan tingkat tahun 2010, pada tahun 2050.

Tujuan lain dari Tantangan Lingkungan adalah untuk sepenuhnya menghilangkan CO2, emisi dari siklus hidup kendaraan, termasuk bahan, suku cadang dan manufaktur. Sejalan dengan tujuan itu, Toyota juga menargetkan untuk memiliki lebih dari 5,5 juta kendaraan listrik dalam penjualan kendaraan baru global pada tahun 2030.

Menjelang komersialisasi Hybrid FFV di Brazil, Toyota akan mengumpulkan berbagai data melalui pengujian jalan di jalan raya umum untuk maju dan mengevaluasi keandalan sistem, daya tahan, dan kinerja powertrain.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2018

Gallery Terkait

Komentar