Honda recall 1,1 juta Accord susul empat laporan kebakaran

Honda recall 1,1 juta Accord susul empat laporan kebakaran

Sedan Honda Accord EX-L V-6 2013

Torrance, California (Otolovers) - Honda secara sukarela menarik kembali dari peredaran (recall) sedikitnya 1,15 juta sedan Honda Accord menyusul empat laporan kebakaran di Amerika Serikat.

Langkah recall diambil untuk mengganti sensor baterai 12 volt pada Honda Accord tahun 2013-2016, yang bisa memicu kebakaran, kata Honda Amerika dalam pernyataan resminya, Jumat waktu setempat (13/7).

Honda mengaku sudah menerima empat laporan kebakaran kompartemen mesin di Amerika Serikat terkait masalah ini, semuanya berada dalam area “salt belt”. Tidak ada cedera yang dilaporkan terkait insiden tersebut.

Sensor baterai 12 volt terletak pada kabel baterai negatif di dalam kompartemen mesin, memantau status baterai untuk memberi tahu pengemudi mengenai masalah pada baterai atau sistem pengisian daya.

Sensor baterai yang terpasang pada kendaraan yang terkena dampak mungkin tidak cukup terlindung dari gangguan kelembaban.

Seiring waktu, intrusi air dapat membawa zat konduktif elektrik lainnya di dalam sensor baterai, yang menyebabkan korosi dan korsleting listrik pada sensor.

Sensor korsleting dapat memanas melalui hambatan listrik, berpotensi menghasilkan asap yang berasal dari bawah kap mesin atau, dalam kasus terburuk, kebakaran.

Honda akan memberitahu pemilik terdaftar dari semua kendaraan yang terkena dampak melalui surat yang dimulai pada akhir Juli 2017, dengan instruksi untuk membawa kendaraan mereka ke dealer Honda.

Dealer akan memeriksa kendaraan untuk Diagnostic Troubleshooting Code (DTC) yang berkaitan dengan sensor, menguji sensor baterai dan, jika tidak berfungsi sebagaimana mestinya, ganti sensor dengan bagian penanggulangan (perbaikan akhir).

Karena banyaknya suku cadang yang diperlukan untuk melakukan recall, jika sebuah kendaraan memiliki sensor baterai dalam kondisi baik, dealer akan menerapkan perbaikan sementara - aplikasi perekat pada kotak sensor baterai untuk mencegah intrusi kelembaban.

Ketika persediaan komponen penanggulangan menjadi cukup, semua pemilik kendaraan yang belum menerima perbaikan akhir akan menerima pemberitahuan email kedua yang menyarankan mereka untuk membawa kendaraannya ke dealer  Honda untuk perbaikan terakhir.

Honda mengumumkan penarikan kembali ini untuk mendorong pemilik kendaraan yang terkena dampak untuk membawa mereka ke dealer resmi segera setelah mereka menerima pemberitahuan lewat pos dari Honda.

Pemilik Accord 2013-2016 juga dapat menentukan apakah kendaraan mereka akan memerlukan perbaikan dengan mengunjungi www.recalls.honda.com atau dengan menghubungi (888) 234-2138.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2017

Komentar