Insinyur paling berpengaruh di BMW Paul Rosche tutup usia

Insinyur paling berpengaruh di BMW Paul Rosche tutup usia

Paul Rosche di antara mesin BMW 12-silinder Formula 1 periode 1995-1999.

Munich (Otolovers) - Paul Rosche, salah seorang insinyur paling berpengaruh di BMW, meninggal dunia pada usia 82 tahun di rumahnya di Munich, Selasa (16/11).

Rosche telah berkecimpung dalam kemajuan BMW khususnya dalam bidang permesinan selama periode 1957 hingga 1999, kata BMW dalam pernyataannya.

"Kami semua sangat sedih dengan berita ini," kata Direktur BMW Motorsport Jens Marquardt.

Paul Rosche tidak hanya representasi dan karakteristik perusahaan dan merek BMW dengan semangatnya, visi dan keahlian teknis besar sekali selama beberapa dekade dalam aksi di arena balap,” katanya.

Perhitungan Camshaft untuk mesin sport selalu menjadi area  favorit Paul Rosche ini, itulah sebabnya ia diberi julukan 'Nocken-Paule'.

Pada tahun 1957, langsung setelah menyelesaikan gelar, ia bergabung dengan BMW, dan selama 42 tahun sebagai seorang karyawan, ia membimbing perusahaan dalam Formula Satu dua kali.

Sebelum bergabung dengan BMW Motorsport GmbH pada 1975 sebagai kepala desain produksi dan mesin balap BMW M1, Rosche terlibat dalam penelitian dan pengembangan departemen di bawah biaya dari Alexander von Falkenhausen.

Pada tahun 1969, ia merancang mesin turbo 2-liter yang mengantar BMW memenangkan European Touring Car Championship.

Pada tahun 1980, Rosche, sebagai Technical Managing Director BMW Motorsport GmbH, bersama dengan Dieter Stappert, meletakkan dasar pertama keterlibatan BMW dalam Formula One, dan sebagai kepala proyek mesin, ia juga merupakan faktor kunci bagi keberhasilan mesin BMW di era turbo.

Rosche dan timnya di balik unit produksi empat silinder yang menggusur hanya 1,5 liter menjadi pemenang kejuaraan dunia potensial.

Enam belas katup, turbocharger dan—pertama untuk Formula Satu—bermotor elektronik digital semua membantu mesin untuk mengirim output awal sekitar 800 hp.

Brabham BMW membuat debut grid pada awal musim 1982; hanya 630 hari kemudian Nelson Piquet merebut Kejuaraan Dunia. Pada tahun 1987 unit turbo memiliki sembilan kemenangan grand prix di bawah ikat pinggang dan potensinya tampak hampir habis-habisnya.

Ketika ditanya tentang output daya maksimum mesin F1, Rosche sekali menjawab: "Pasti sekitar 1.400 hp; kita tidak tahu pasti karena dyno tidak melampaui 1.280 hp."

Kemenangan di Formula Satu adalah yang paling spektakuler, tapi jauh dari sukses soliter dilahirkan dengan ide-ide dari insinyur yang lahir di Munich pada tahun 1934 itu.

Unit daya lain yang lahir dari kecerdasan Rosche ini adalah mesin 2.0-liter empat-katup silinder, yang meraih sampai lebih dari 150 kemenangan dan enam gelar di Kejuaraan Formula 2 Eropa, serta mesin V12 6.0-liter yang memenangkan balapan Le Mans pada 1995-1999.

Rosche untuk kantor juga menyaksikan perkembangan mesin untuk generasi pertama BMW M3, yang menjadi dasar dari mobil touring yang paling sukses di dunia, serta jenis baru dari kenikmatan berkendara di jalan.

Setelah pensiun dari Formula Satu dari BMW pada tahun 1987, Rosche terus sebagai Technical Managing Director BMW M GmbH sampai 1996.

Selanjutnya, sebagai Direktur Teknik dan Direktur BMW Motorsport Limited, ia memimpin BMW ke Formula Satu sebagai produsen mesin untuk kedua kalinya, sebelum ia pensiun pada 1999.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar