New Toyota Vios, mesin baru tenaga kurang

New Toyota Vios, mesin baru tenaga kurang

Jakarta (Otolovers) - Pada awal November ini, Toyota-Astra Motor (TAM) merilis New Toyota Vios, yang disebut sebagai model pembaruan dari versi sebelumnya All new Toyota Vios yang diluncurkan Juli lalu.

Lalu apa pembaruan pada New Vios ini? Lebih stylish dan sporty? Mungkin iya karena Vios baru ini hadir dengan desain eksterior yang sedikit berbeda. Ya.., sedikit perubahan dandanan pada moncong, samping, dan bagian belakangnya.

Dengan kata lain mungkin otolovers tidak perlu lagi membeli body kit karena New Vios lahir sudah layaknya mobil hadil modifikasi kecil pada ekteriornya.

Kemudian ditambah desain velg baru dengan jari-jari lebih rapat untuk menopang bannya yang berukuran 185/60 R15.

Dari sisi lampu baik depan maupun belakang sebenarnya tidak ada perubahan, baik bentuk maupun teknologinya. Jadi, untuk eksterior, ini tidak lebih hanya make-up baru.
New Toyota Vios, mesin baru tenaga kurang


Make-up baru ini meliputi penyematan TRD Sportivo front bumper spoiler, walaupun secara bentuk dan desain nyaris tidak berbeda dengan model sebelumnya.

Untuk tampilan samping, ini yang terlihat berbeda dari model sebelumnya, yakni penambahan TRD Sportivo side skirt dan new TRD sticker. Tambahan ini memang membuat New Vios terlihat lebih bergaya muda.
New Toyota Vios, mesin baru tenaga kurang


Masih di bagian depan, TAM menambahkan daytime running light, dua lampu kecil pipih yang menempel pada grille bawah di kanan dan kiri.

Sementara pada bagian belakang, New Vios mendapatkan tambahan TRD Sportivo rear bumper spoiler yang membuat bentuk bagian bawah bumper lebih sporty dari model sebelumnya.

Plus, penambahan new TRD Sportivo trunk spoiler yang menempel di atas pintu bagasi, dan ini jelas membuatnya lebih gaya dan sporty. Jadi, otolovers tidak perlu menambah spoiler lagi kecuali ingin yang lebih ekstrem.
New Toyota Vios, mesin baru tenaga kurang


Ya, hanya itu perubahan ekterior alias make-up luar New Vios dibanding model sebelumnya, All new Toyota Vios.

Bagaimana interiornya?

Interior New Vios hadir dengan warna "putih" gading, kemudian layar entertaintment yang lebih lebar, namun fitur sistem yang berkemampuan online hanya tersedia pada tipe G dan G TRD, tidak pada tipe E.
New Toyota Vios, mesin baru tenaga kurang


Demikian juga dengan fitur Miracast atau mirroring connection untuk smarphone dengan sistem kendaraan melalui konektivitas Wi-Fi, hanya tersedia dalam dua varian yang sama, seperti halnya fitur Voice CommandTM untuk mengontrol audio lewat suara.
New Toyota Vios, mesin baru tenaga kurang


Fitur untuk browsing Internet melalui head unit juga hanya tersedia pada tipe G dan G TRD, demikian juga dengan Auto AC, tidak akan otolovers temukan pada tipe terendah, E.
New Toyota Vios, mesin baru tenaga kurang


Mesin dan transmisi

Seperti diungkapkan TAM, New Vios menggunakan mesin baru 1.5 2NR-FE dual-VVT-i, untuk menggantikan versi sebelumnya yakni 1.5 1NR-FE meskipun sebenarnya sudah sama-sama berteknologi VVT-i.

Itu memang mesin baru bagi Vios, tapi sebenarnya mesin yang sama sudah digunakan dan dikenalkan Toyota pada Toyota Sienta, MPV yang diluncurkan di GIIAS lalu namun dikabarkan kurang berhasil di pasaran.

Tapi apakah yang mesin baru ini lebih baik? Lebih efisien dan lebih hemat bahan bakar mungkin, tapi dalam hal tenaga maksimum yang dihasilkan, menurut catatan Toyota sendiri, ternyata lebih powerfull 1NR-FE.
New Toyota Vios, mesin baru tenaga kurang


Mesin 2NR-FE pada New Vios tercatat menghasilkan tenaga maksimum 107ps pada 6000rpm, sedangkan mesin lama 1NR-FE bisa menyuguhkan 109ps pada putaran mesin 6000rpm.

Sementara untuk torsi maksimum tetap sama yakni 14,4 Nm pada 4200rpm.

New Toyota Vios hadir dalam tiga varian utama, tipe E, kemudian G, dan G TRD Sportivo, yang semuanya tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-speed dan matic 7-speed CVT.

Sedan yang hadir dalam enam pilihan warna ini dipasarkan mulai Rp272,4 juta hingga Rp323,8 juta on the road Jabodetabek.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Gallery Terkait

Komentar