Volvo dan Geely akan produksi S40 di China

Volvo dan Geely akan produksi S40 di China

Pra-produksi Volvo S90 di pabrik Daqing, China.

Jakarta (Otolovers) - Produsen mobil premium Volvo Cars hari ini mengumumkan ekspansi besar-besaran di China, termasuk membangun pabrik ketiga bersama brand lokal Geely untuk memproduksi mobil kecil seri S40.

Dengan tiga pabrik di China, kapasitas produksi Volvo akan meningkat signifikan dan menjadikan negara ini sebagai hub ekspor untuk Amerika Serikat, Eropa, dan Asia Pasifik.

Volvo Cars akan memproduksi mobil seri-S90 berdasarkan Scaleable Product Architecture (SPA) Volvo di pabriknya di Daqing, Provinsi Heilongjiang, di China utara.

Produsen mobil Swesia ini juga memastikan akan memindahkan produksi sedan premium S90 generasi mendatang dari Eropa ke China.

Sementara Volvo seri 60 terbaru bakal diproduksi di pabriknya di Chengdu, Provinsi Szechuan, sedangkan mobil seri 40 yang lebih kecil, berbasis Compact Modular Architecture (CMA), akan dibuat di pabrik yang sedang dibangun di Luqiao, 350km selatan Shanghai.

"Dengan tiga pabrik--dan penunjukan satu lini mobil untuk setiap pabrik--Volvo menciptakan struktur produksi yang efisien memastikan kapasitas masa depan untuk pertumbuhan," kata Håkan Samuelsson, presiden dan chief executive Volvo Cars dalam pernyataan resminya, Rabu.

Pabrik Luqiao, yang dimiliki oleh Zhejiang Geely Holdings tapi dioperasikan oleh Volvo Cars, akan membuat berbagai model baru mobil Volvo yang lebih kecil berbasis CMA 40-series, serta mobil berbasis CMA untuk LYNK & CO, merek mobil baru yang diluncurkan Oktober lalu oleh Geely Auto.

Volvo saat ini mengoperasikan dua pabrik di Eropa, di Swedia dan Belgia. Pabrik Swedia di Gothenburg akan terus memproduksi mobil seri 90 dan 60, sementara pabriknya di Ghent, Belgia, akan menjadi fasilitas produksi untuk mobil baru seri 40.

Volvo juga membangun pabrik baru di Carolina Selatan di AS yang juga akan membuat kendaraan berbasis SPA untuk konsumsi domestik AS dan untuk ekspor.

Rincian strategi manufaktur baru Volvo di China hadir pada hari yang sama saat peluncuran sedan baru S90 versi China, model khusus berbasis S90 Excellence, sebelum hadir ke publik pertama kali di pameran otomotif Guangzhou 2016.

S90 baru akan menjadi mobil premium pertama yang dibuat di China. Kedua versi akan dibuat di fasilitas produksi Volvo Cars di Daqing dan diekspor secara global, menunjukkan tingkat tinggi kontrol kualitas yang mendukung strategi manufaktur global Volvo.

Volvo telah membuka jalan dalam mengembangkan ekspor mobil dibuat China untuk pasar global.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar