Pertamina dan Goodrides kenalkan autocross di GIFO 3

Pertamina dan Goodrides kenalkan autocross di GIFO 3

Salah satu peserta autocross yang digelar Pertamina sedang beraksi.

Jakarta (Otolovers) - Sebagai rangkaian peluncuran Pertamax Turbo, PT Pertamina (Persero) dan Goodrides kembali menggelar Gas In Flat Out (GIFO) Vol. 3 dengan konsep baru berupa Autocross.

Dengan dibuka pada 13 Agustus 2016 lalu di GIIAS, kegiatan autocross digelar hari Minggu (28/8) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) - BSD, Tangerang.

Hampir 50 mobil, yang sebagian besar bermesin turbocharger, dan ratusan partisipan mengikuti kegiatan ini, diramaikan oleh para drifter profesional yang unjuk kebolehan autocross yang pertama digelar di Indonesia.

Autocross merupakan jenis cabang motorsport yang menggunakan waktu dan kehandalan melewati lintasan sebagai acuan penilaian utama, kata Pertamina dalam siaran persnya.

Dengan menggunakan lapangan terbuka, lintasan dibentuk menggunakan cone dan peserta dituntut melewati lintasan secepat mungkin tanpa menjatuhkan cone. Apabila ada cone yang terjatuh, maka peserta akan mendapatkan penalti berupa penambahan waktu.

Berbeda dengan Gymkhana dan Slalom yang sangat mengasah ketangkasan driver mengendalikan kendaraan memutari cone, layout track autocross lebih sederhana tanpa mengharuskan driver menarik e-brake atau melakukan sliding.

Perbedaan signifikan lainnya antara autocross dengan gymkhana atau slalom sendiri ada pada layout lintasan yang lebih mengacu untuk ke arah high speed.

Autocross sangat membutuhkan kehandalan pengemudi yang juga harus diselaraskan dengan performa kendaraan. Oleh karena itu, sejalan dengan penggunaan bahan bakar berkualitas tinggi Pertamax Turbo (RON 98), maka para partisipan akan mendapatkan pengalaman baru dalam memacu mobil dengan bahan bakar beroktan tinggi.

“Autocross memang merupakan hal yang sangat baru di Indonesia, berbeda dengan Gymkhana atau Slalom. Dengan terselenggaranya Gas In Flat Out Volume 3, saya berharap dapat menumbuhkan bibit-bibit baru dalam cabang motorsport ini,” kata drifter profesional Indonesia, Dean Zen.

Saat ini Pertamax Turbo telah tersedia di 23 SPBU Pertamina di Jabodetabek, antara lain di MT Haryono, BSD City, Pantai Indah Kapuk, Pondok Indah, Pramuka, Cikini, Abdul Muis, Yos Sudarso, Cempaka Putih, Pasar Baru, Tol Jagorawi, Tol Jakarta – Cikampek km 19, Arteri Kelapa Dua, dan lain-lain.

Pertamina akan terus menambah jumlah gerai Pertamax Turbo untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Berikut hasil autocross yang digelar Pertamina:

* Juara I Regi Fiandisa (Subaru Impreza WRX STI),
* Juara II Reza (Mitsubishi Lancer Evolution 8 MR)
* Juara 3 Reza Alvin Adhitya (Mercedez Benz W124 E220)
* Best Rear Wheel Drive (RWD) Evan Shih (BMW E36)
* Best Front Wheel Drive (FWD) Ananto Budi Prabowo (Honda Jazz)
* Best All Wheel Drive (AWD) Ahmad Fadillah Alam (Subaru Impreza WRX STI).

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar