Pertamina sudah produksi solar standar Euro 4

Pertamina sudah produksi solar standar Euro 4

Pengenalan PertaDex HQ, solar produksi pertamina yang sudah berstandar Euro 4

Balikpapan (Otolovers) - Pertamina mengumumkan sudah memproduksi bahan bakar diesel kualitas tinggi dengan kandungan sulfur memenuhi standar Euro 4, melalui fasilitas produksi Pertamina Refinery Unit V Balikpapan, Kalimantan Timur.

Menandai moment tersebut, Refinery Unit V meresmikan pengiriman perdana Pertamina Dex High Quality (PertaDex HQ) ke Terminal BBM Balikpapan melalui jalur pipa untuk kemudian dipasarkan ke konsumen, kata Pertamina dalam pernyataan resminya, Rabu.
 
Pertamina Dex High Quality atau PertaDex HQ merupakan bahan bakar diesel berkualitas tinggi, dengan Cetane Number minimal 53, membuat start mesin lebih mudah, pembakaran lebih cepat, kompresi tingi dengan tarikan lebih ringan, serta suara mesin lebih halus.

Solar PertaDex HQ memiliki kandungan pengotor Sulfur maksimum 50 ppm membuat emisi lebih bersih dan ramah lingkungan yang berarti sudah memenuhi standar kandungan sulfur Euro 4.
 
Pertamina mengatakan itu sudah menjadi komitmennya untuk menciptakan produk-produk ramah lingkungan. Kedepan, Pertamina akan terus menyempurnakan kualitas produk sehingga memenuhi standar Euro 4 secara menyeluruh. 
 
PertaDex HQ sesuai untuk kendaraan yang sudah berteknologi Diesel Common Rail System seperti Toyota Innova, Fortuner, Hilux, Mitsubishi Pajero, Triton, Ford Ranger, Chevrolet Captiva, BMW Diesel, dll.
 
Common-rail injection adalah salah satu metode injeksi bahan bakar ke dalam ruang bakar dengan sistem penghasil tekanan ditempatkan terpisah dari injeksi. Sistem injeksi ini digunakan untuk efisiensi bahan bakar dan emisi yang lebih baik.
 
PertaDex HQ merupakan pengembangan dari produk PertaDex dengan melakukan mapping kualitas fraksi diesel pada finish dan stream produknya, lalu dilanjutkan uji coba blending komponen skala laboratorium serta uji produksi.
 
Uji produksi atau plant test skala lapangan dilakukan Pertamina pada Juni 2017 di Unit Hydrocracker dan CDU V. Produksi skala komersil telah dimulai pada Juli lalu.
 
Penyaluran produk Pertadex dilakukan melalui sarana dan fasilitas perpipaan ke Terminal BBM Balikpapan dan melalui kapal untuk terminal-terminal BBM lainnya.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2017

Komentar