Mitsubishi janji bentuk komite selidiki kasus data konsumsi bahan bakar

Mitsubishi janji bentuk komite selidiki kasus data konsumsi bahan bakar

Mitsubishi Dayz, mini-car buatan Mitsubishi Motors Corporation yang dipasok ke Nissan Motors.

Jakarta (Otolovers) - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) berjanji akan membentuk komite untuk menyelidiki kasus perbedaan data konsumsi bahan bakar pada mini-car model eK dan Dayz yang dipasok ke Nissan Motors Corporation.

"Dalam rangka untuk melakukan penyelidikan ke dalam masalah ini secara obyektif dan menyeluruh, kami berencana untuk mendirikan sebuah komite yang terdiri dari hanya ahli ekternal," kata MMC dalam pernyataan resminya, Kamis (20/4).

MMC berjanji akan mempublikasikan hasil penyelidikan itu segera setelah selesai dan hasilnya diketahui.

Langkah MMC ini diambil setelah terkuaknya data yang tidak benar dari pengujian internal mengenai tingkat konsumsi bahan bakar empat model mini-car tersebut.

Nissan Motors yang menerima pasokan mini-car eK Wagon, eK Space, Dayz, dan Dayz Roox, dalam pengetesan sendiri menemukan angka berbeda mengenai tingkat konsumsi bahan bakar pada mobil-mobil itu.

Atas keluhan atau komplain Nissan Motors, Mitsubishi kemudian melakukan penyelidikan internal dan mengaku bahwa data yang dilaporkan termasuk ke otoritas Jepang adalah tidak benar atau tidak sesuai dengan yang sebenarnya.

Mitsubishi bahkan menemukan pengujian dengan standar berbeda dari yang ditetapkan otoritas Jepang terhadap model-model lain yang dijual di pasar domestik.

"Dengan mempertimbangkan keseriusan masalah ini, kami juga akan melakukan penyelidikan ke dalam produk yang diproduksi untuk pasar luar negeri," katanya dalam satu pernyataan terbuka.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar