Toyota recall RAV4 mungkin 1,7 juta di seluruh dunia

Toyota recall RAV4 mungkin 1,7 juta di seluruh dunia

Toyota RAV4 2016. Toyota sedang me-recall sekitar 150.000 RAV4 tahun 2006-2012 di Kanada karena masalah cacat sabuk pengaman.

Jakarta (Otolovers) -  Toyota me-recall (menarik dari peredaran) sekitar 150.000 unit Toyota RAV4 di Kanada, setelah pemerintah setempat menemukan cacat berbahaya pada sabuk pengaman penumpang belakang yang gampang putus saat terjadi kecelakaan.

Dalam pernyataannya yang dirilis 16 Februari lalu, Depertemen Transportasi Kanada menyebut kemungkinan ada 1,7 juta unit RAV4 yang terdampak masalah ini di seluruh dunia. Apakah Toyota akan recall jutaan RAV4 itu, sekarang belum terkonfirmasi.

Para insinyur peneliti pemerintah Kanada telah meneliti dan menemukan cacat berpotensi menimbulkan bahaya pada Toyota RAV4 model 2006 hingga 2012.
Toyota recall RAV4 mungkin 1,7 juta di seluruh dunia

Struktur baja (metal hitam tajam) pada sabuk pengaman RAV4 yang menyebabkan sabuk keselamatan terputus.


Dalam kecelakaan frontal, kontak sabuk pengaman dengan struktur baja di kursi dapat menyebabkan sabuk terputus. Hampir 150.000 Toyota RAV4 di Kanada sedang ditarik segera oleh Toyota untuk mengatasi masalah ini.

Pemerintah Kanada menemukan masalah itu setelah merekonstrukti sebuah kecelakaan fatal yang melibatkan Toyota RAV4 tahun 2011. Kasus itu menarik minat departemen transportasi negara itu untuk meneliti karena dalam kecelakaan tersebut penumpang depan selamat, sementara penumpang belakang tidak.

Kecelakaan itu kemudian direplikasi menggunakan RAV4, menggunakan dummies penumpang yang beratnya setara dengan penumpang sebenarnya, serta kecepatan dan sudut tabrakan diselaraskan dengan kasus kecelakaan dimaksud.

Selama pengujian, sabuk pengaman belakang terputus dan dua dummy penumpang belakang mengalami luka yang mematikan.
Toyota recall RAV4 mungkin 1,7 juta di seluruh dunia

Sabuk pengaman di kursi penumpang belakang RAV4.


Departemen Transportasi Kanada kemudian mempresentasikan temuannya kepada Toyota. Toyota yang kemudian menyelidiki dan mengkonfirmasi masalah itu, mereka kemudian mengumumkan recall dan akan mengganti komponen sabuk pengaman.

Diperkirakan ada 2,7 juta unit RAV4 yang mungkin terdampak masalah serupa di seluruh dunia. Sementara pemerintah Kanada akan terus memantau perkembangannya.

"Ini lebih dari sekadar kasus temuan masalah keamanan oleh Depertemen Transportasi Kanada  dan melakukan penyelidikan menyeluruh. Temuan ini memiliki dampak dunia-nyata--dan itu diukur dalam kehidupan manusia," kata Menteri Transportasi Kanada Marc Garneau.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Gallery Terkait

Komentar